Mie Celor Pak Kosim, Kuliner Legendaris di Kota Jambi

mie celor Jambi
Tampilan Mie Celor Jambi. (dok. pesona.travel)

 

BandungKlik – Berwisata ke suatu daerah di Indonesia tak lengkap jika tak mencicipi kuliner khas bahkan melegenda. Seperti berwisata ke Kota Jambi tak lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner yang melegenda di sana, yakni Mie Celor yang sudah sohor sejak era 70-an.

Jika dilihat dari tampilannya, masakan mie ini hampir mirip dengan Mie Lendir yang populer di Kepulauan Riau (Kepri). Hal yang menjadi pembedanya terletak pada kuah kaldu yang berpadu dengan santan pada Mie Celor.

Kuah kaldu yang tampak lebih kental melumuri mie tebal. Ditambah taburan potongan daging sapi atau daging ayam yang diracik dengan campuran bumbu rempah-rempah. Lebih nikmat lagi menyantap mie berkuah santan ini sebagai menu sarapan sambil ditemani secangkir kopi.

Mie Celor yang melegenda di sana, yakni Mie Celor Pak Kosim. Bertempat di Warung Kopi Ahok yang juga melegenda di Kota Jambi. Lokasi warung ini berada di kawasan perempatan Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jambi.

Kuliner Mie Celor sendiri sebenarnya sudah lebih dulu populer di Kota Palembang, Sumatera Selatan dibanding di Jambi. Tapi berkat upaya seorang pria bernama Kosim, Mie Celor hadir di Kota Jambi.

Silakan baca: Mencicipi Kelezatan Mie Koba Bangka

Kosim menjadi orang pertama yang berjualan sekaligus mengenalkan Mie Celor kepada masyarakat Jambi. Ia menjajakan dagangannya pada awal tahun 1970 di depan Warung Kopi Ahok. Dari kiprah Kosim itulah, akhirnya kuliner yang satu ini melegenda di Kota Jambi.

Hingga kini, olahan mie tersebut sudah menjadi santapan favorit untuk sarapan bagi sebagian masyarakat Jambi. Mie Celor Pak Kosim di Warung Kopi Ahok ini buka setiap hari dari mulai pagi hingga siang hari.

Namun untuk bisa menyantap Mie Celor dan minum secangkir kopi di sana, pembeli harus rela dan sabar menunggu antrean yang lumayan panjang.*

 

 

Sumber: pesona.travel