Jawa Barat

logo jawa barat

BandungKlik – Jawa Barat tercatat sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia yakni lebih dari 49 juta jiwa tahun 2019. Masyarakatnya dikenal agamis dan tatanan kehidupannya lebih mengedepankan keharmonisan.

Secara geografis, Jawa Barat berbatasan dengan Banten dan ibu kota negara yaitu DKI Jakarta di sebelah barat. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Samudera Hindia di selatan. Sementara di timur berbatasan dengan Jawa Tengah.

Keindahan alam Jawa Barat—dikenal juga dengan Bumi Pasundan, sejak lama menjadi magnet untuk dikunjungi dan diabadikan. MAW Brouwer (14 Mei 1923 – 19 Agustus 1991), seorang psikolog dan budayawan warga negara Belanda yang lama tinggal di Bandung bahkan mengatakan: “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum.”

Dengan luas 35.377,76 kilometer persegi, kondisi alam Jawa Barat punya struktur geologi yang kompleks. Di bagian tengah dan selatan berupa pergunungan sementara di bagian utara berupa dataran rendah. Kondisi geografis seperti itu membuat provinsi ini memiliki potensi pariwisata dan budaya yang sangat kaya.

Tak ayal, destinasi wisata alam di Jawa Barat tergolong lengkap, mulai dari pantai, gunung, laut hingga gua. Begitu juga dengan kebudayaan, bangunan cagar budaya, dan kuliner.

Secara administratif, Jawa Barat meliputi 9 kota dan 18 kabupaten yaitu:

Kota Bandung

Kota Banjar

Kota Bekasi

Kota Bogor

Kota Cimahi

Kota Cirebon

Kota Depok

Kota Sukabumi

Kota Tasikmalaya

Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bogor

Kabupaten Ciamis

Kabupaten Cianjur

Kabupaten Cirebon

Kabupaten Garut

Kabupaten Indramayu

Kabupaten Karawang

Kabupaten Kuningan

Kabupaten Majalengka

Kabupaten Pangandaran

Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Subang

Kabupaten Sukabumi

Kabupaten Sumedang

Kabupaten Tasikmalaya *

Website Pemerintah Provinsi Jawa Barat: jabarprov.go.id

Sumber data : jabar.bps.go.id