Lampung

BandungKlik – Lampung adalah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera dan terdekat dengan Pulau Jawa. Ibu kota atau pusat pemerintahannya berada di Bandar Lampung. Dilihat dari letak geografisnya, Provinsi Lampung boleh dibilang strategis. Mengapa?

Provinsi dengan julukan Sang Bumi Ruwa Jurai ini merupakan gerbang sekaligus penghubung dengan Pulau Jawa melalui jalur darat-laut. Pelabuhan Bakauheni Lampung menjadi pelabuhan penting bersama Merak Banten di Selat Sunda.

Feri-feri yang beroperasi terutama melayani jasa penyeberangan angkutan darat, seperti bus-bus penumpang antarkota dan antarprovinsi, truk-truk barang, dan kendaraan pribadi. Sekali perjalanan mengarungi Selat Sunda rata-rata feri dari Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya adalah sekira 2 hingga 3 jam.

Seturut lampung.bps.go.id, Provinsi Lampung punya total luas wilayah mencapai 34.623,83 kilometer persegi. Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu 

Selatan: Selat Sunda

Barat: Samudera Hindia

Timur: Laut Jawa

Kondisi alam provinsi ini secara umum terbagi menjadi tiga. Pertama, di bagian barat dan selatan, yakni di sepanjang pantai merupakan daerah yang berbukit-bukit sebagai terusan dari jalur Bukit Barisan. Kedua, di bagian tengah adalah dataran rendah. Ketiga, dekat pantai di bagian timur, yaitu di sepanjang tepi Laut Jawa ke utara merupakan perairan yang luas.

Provinsi Lampung terkenal akan satwa gajahnya. Hal ini berkaitan erat dengan Taman Nasional Way Kambas yang terhampar di Kabupaten Lampung Timur. Wisata gajah Sumatera yang disajikan pengelola objek wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik anak-anak maupun dewasa.

Secara administratif, Provinsi Lampung terdiri dari dua kota dan tiga belas kabupaten.

Kota

1. Kota Bandar Lampung

2. Kota Metro

Kabupaten

1. Kabupaten Lampung Barat

2. Kabupaten Lampung Selatan

3. Kabupaten Lampung Tengah

4. Kabupaten Lampung Timur

5. Kabupaten Lampung Utara

6. Kabupaten Mesuji

7. Kabupaten Pesawaran

8. Kabupaten Pesisir Barat

9. Kabupaten Pringsewu

10. Kabupaten Tanggamus

11. Kabupaten Tulang Bawang

12. Kabupaten Tulang Bawang Barat

13. Kabupaten Way Kanan.*

 

Sumber:

lampungprov.go.id

lampung.bps.go.id