DKI Jakarta

Lambang DKI Jakarta

BandungKlik – Sebagai daerah khusus, Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan daerah otonom pada tingkat provinsi. Pada masa pemerintah Hindia Belanda, Jakarta dikenal dengan nama Batavia.

Sebermula, Jakarta bernama Sunda Kelapa. Pangeran Fatahillah menguasai dan menghancurkan kota tersebut pada 22 Juni 1527. Sebagai gantinya mendirikan Kota Jayakarta di wilayah bekas Sunda Kelapa.

Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang ramai dan sibuk. Para pedagang dari Cina, India, Arab, dan Eropa serta negara lainnya saling bertukar komoditas di pelabuhan tersebut. Akan tetapi, tahun 1619 Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) menghancurkan Jayakarta dan membangun kembali kota dengan nama Batavia. Nama ini diambil dari nenek moyang bangsa Belanda. Batavia nyaris dibangun seperti kota-kota di Belanda.

Secara geografis, Jakarta terdiri dari dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 7 meter di atas permukaan laut. Kondisi geografis lautannya lebih luas ketimbang daratan dengan potensi sumber daya laut yang cukup besar berupa mineral dan hasil laut. Potensi alam ini tersebar di Kepulauan Seribu. DKI Jakarta berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan luas wilayah paling kecil di Indonesia, yaitu 664,01 kilometer persegi. Meski demikian, dari sisi jumlah penduduk menempati peringkat ke-6 terbanyak secara nasional. Pada 2020, jumlah penduduk di ibu kota mencapai 10,645 juta jiwa.

Jakarta didominasi etnis Betawi yang sudah bermukim sejak abad ke-17. Etnis ini menghasilkan seni budaya khas yang popular antara lain ondel-ondel dan lenong.

Berbeda dengan pembagian daerah provinsi lainnya di Indonesia, DKI Jakarta punya keunikan dalam pembagian administratifnya. Wilayah administratif provinsi ini bukanlah kota dan kabupaten, melainkan terdiri dari 5 kota administrasi dan 1 kabupaten administrasi. Pembagian administratif seperti ini hanya berlaku di DKI Jakarta.

Kota Administrasi Jakarta Barat

Kota Administrasi Jakarta Pusat

Kota Administrasi Jakarta Selatan

Kota Administrasi Jakarta Timur

Kota Administrasi Jakarta Utara

Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu *

 

Website Pemerintah Provinsi DKI Jakarta: jakarta.go.id

Sumber data: jakarta.bps.go.id