Riau

BandungKlik – Secara etimologi berasal dari kata dalam bahasa Portugis yakni “rio” yang berarti sungai. Riau dirujuk hanya ke wilayah yang dipertuan muda yakni Raja Bawahan Johor di Pulau Penyengat. Pada masa Hindia Belanda, wilayah tersebut menjadi Residentie Riouw yang berkedudukan di Tanjung Pinang.

Masyarakat setempat mengeja residen tersebut dengan lafal Riau. Ya, seturut sejarah, provinsi ini adalah penggabungan dari kerajaan Melayu yang pernah berjaya di wilayah tersebut. Yaitu Kerajaan Indragiri (1658 – 1838), Kerajaan Siak Sri Indrapura (1723 – 1858), Kerajaan Pelalawan (1530 – 1879), dan Kerajaan Riau-Lingga (1824 – 1913). Pun termasuk kerajaan kecil seperti Tambusai, Rantau Binuang Sakti, Rambah, Kampar, dan Kandis.

Secara geografis, Provinsi Riau terletak pada jalur yang sangat strategis sebagai jalur perdagangan baik regional maupun internasional khususnya kawasan ASEAN. Ibu kotanya di Pekanbaru menggantikan Tanjung Pinang sejak 20 Januari 1959. Sedangkan batas wilayahnya adalah:

Utara     : Selat Malaka dan Provinsi Sumatera Utara

Selatan  : Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Utara

Barat     : Provinsi Sumatera Barat

Timur    : Provinsi Kepulauan Riau dan Selat Malaka

Di wilayah daratannya, seperti arti namanya, terdapat dapat banyak sungai yang dinilai penting. Empat di antaranya Sungai Siak (300 km), Rokan (400 km), Kampar (400 km), dan Indragiri (500 km). Sungai-sungai tersebut membelah dari bukit tinggi Bukit Barisan dan bermuara ke Selat Malaka dan Laut Cina.

Provinsi ini punya luas mencapai 87.023,66 km persegi. Perkebunan karet dan kelapa sawit menjadi komoditi utama baik yang dikelola negara maupun rakyat. Dari sektor pariwisata, punya potensi yang beragam mulai dari wisata alam hingga religi seperti Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.

Secara administratif, Provinsi Riau terdiri dari 2 kota dan 10 kabupaten:

Kota

1. Kota Dumai

2. Kota Pekanbaru

Kabupaten

1. Kabupaten Bengkalis

2. Kabupaten Indragiri Hilir

3. Kabupaten Indragiri Hulu

4. Kabupaten Kampar

5. Kabupaten Kepulauan Meranti

6. Kabupaten Kuantan Singingi

7. Kabupaten Pelalawan

8. Kabupaten Rokan Hilir

9. Kabupaten Rokan Hulu

10. Kabupaten Siak *

 

Sumber:

riau.go.id

riau.bps.go.id