Maluku Utara

BandungKlik – Maluku Utara sebelumnya menjadi bagian dari Provinsi Maluku, yakni Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Halmahera Tengah. Secara resmi, Provinsi Maluku Utara dibentuk pada 4 Oktober 1999 melalui UU RI Nomor 46 Tahun 1999 dan UU RI Nomor 6 Tahun 2003.

Sebagai provinsi baru, awalnya beribu kota di Ternate tepatnya di kaki Gunung Gamalama selama 11 tahun. Setelah masa transisi dan persiapan infrastruktur, pada 4 Agustus 2010 ibu kota provinsi pindah ke Kota Sofifi. Kota ini terletak di Kota Tidore Kepulauan di Pulau Halmahera, yaitu pulau terbesar yang menjadi bagian Provinsi Maluku Utara.

Provinsi ini terhampar seluas 31.984,50 kilometer persegi di paling utara bagian timur Indonesia. Adapun batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Samudera Pasifik

Selatan: Laut Seram dan Provinsi Maluku

Barat: Laut Maluku dan Provinsi Sulawesi Utara

Timur: Laut Halmahera dan Provinsi Papua

Geografis provinsi ini merupakan gugusan kepulauan dengan rasio daratan dan perairan 24:76. Sedikitnya ada 395 gugusan pulau dan 83% atau sekitar 331 pulaunya belum berpenghuni.

Seturut histori, provinsi ini dikenal dengan sebutan Moloko Kie Raha atau Kesultanan Empat Gunung di Maluku. Hal ini karena pada mulanya merupakan wilayah empat kerajaan besar Islam Timur Nusantara, meliputi: Kesultanan Bacan, Kesultanan Jailolo, Kesultanan Tidore, dan Kesultanan Ternate.

Sebagai provinsi kepulauan, Maluku Utara memiliki banyak objek wisata bahari berupa pulau-pulau dan pantai yang indah. Belum lagi panorama taman laut dan beragam jenis ikan hias yang memesona di wilayah perairannya.

Potensi wisata dalam provinsi ini tak habis di laut, masih ada kawasan hutan wisata sekaligus taman nasional dengan spesies endemik ranking ke-10 di dunia. Kawasan ini terbentang antara lain di Cagar Alam Gunung Sibela di Pulau Bacan.

Secara administrasi, Provinsi Maluku Utara terdiri dari dua kota dan delapan kabupaten.

Kota

1. Kota Ternate

2. Kota Tidore Kepulauan

Kabupaten

1. Kabupaten Halmahera Barat

2. Kabupaten Halmahera Tengah

3. Kabupaten Halmahera Timur

4. Kabupaten Halmahera Selatan

5. Kabupaten Halmahera Utara

6. Kabupaten Kepulauan Sula

7. Kabupaten Pulau Morotai

8. Kabupaten Pulau Taliabu

*

Sumber:

malutprov.go.id

malut.bps.go.id