Sulawesi Utara

BandungKlik – Sulawesi Utara  merupakan provinsi paling utara di semenanjung Pulau Sulawesi. Situs sulut.bps.go.id mencatat provinsi beribu kota di Kota Manado ini punya total luas wilayah mencapai 13.892,47 kilometer persegi.

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Laut Sulawesi

Selatan: Laut Maluku

Barat: Provinsi Gorontalo

Timur: Laut Maluku

Berdasarkan data yang dirilis tahun 2020, jumlah penduduk provinsi ini mencapai 2.621.923 jiwa. Manado adalah kota dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 451.916 jiwa.

Provinsi Sulawesi Utara adalah wilayah yang sangat kaya akan keragaman seni budaya, seperti Masamper sebagai sebuah tarian tradisi di Sangihe Talaud. Selain itu, ada Pengucapan atau syukuran dalam tradisi Minahasa dan tari poco-poco yang terkenal.

Selain beragam tarian, provinsi ini juga punya sejumlah alat musik khas daerah, antara lain kolintang dan musik bambu.

Dari sisi kuliner, tinutuan atau bubur Manado adalah salah satu makanan yang paling khas dan sedap. Makanan khas lainnya yang jarang sekali ditemukan di daerah lain adalah paniki (kelelawar), daging ular, dan sajian ikan cakalang fufu.

Pulau Bunaken, tepatnya taman laut Bunaken adalah destinasi wisata paling populer dan favorit di Sulawesi Utara. Keindahan alam pulau ini, bahkan sudah terkenal sampai ke berbagai penjuru dunia. Taman Nasional Bunaken boleh dibilang tempat penyelaman (dive spot) yang paling indah di Indonesia. Taman bawah laut yang menakjubkan ini termasuk lokasi favorit para penyelam.

Beberapa event pariwisata dan budaya berskala internasional pernah digelar di provinsi ini. Sail Bunaken dan Tomohon Flowers Festival, misalnya.

Secara administratif, Provinsi Sulawesi Utara terdiri dari empat kota dan sebelas kabupaten.

Kota

1. Kota Bitung

2. Kota Kotamobagu

3. Kota Manado

4. Kota Tomohon

Kabupaten

1. Kabupaten Bolaang Mongondow

2. Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

3. Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

4. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

5. Kabupaten Kepulauan Sangihe

6. Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro

7. Kabupaten Kepulauan Talaud

8. Kabupaten Minahasa

9. Kabupaten Minahasa Selatan

10. Kabupaten Minahasa Tenggara

11. Kabupaten Minahasa Utara

 

Sumber:

sulutprov.go.id

sulut.bps.go.id