Kota Banjar

lambang kota banjar

BandungKlik – Kota mungil ini acap disebut Banjar Patroman. Berstatus kota sejak 21 Februari 2003, Kota Banjar sebagai pemekaran dari Kabupaten Ciamis punya peran yang penting bagi Jawa Barat.

Kota ini merupakan jalur lalu lintas nasional bagian selatan penghubung antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bahkan, acapkali wilayah yang sebelumnya kota administratif ini menjadi pilihan utama orang bepergian ke timur. Yaitu, via jalur selatan untuk tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Secara administratif, Kota Banjar yang punya luas wilayah 11.349 Ha hanya berbatasan langsung dengan dua kabupaten tetapi beda provinsi. Di sebelah utara, selatan, barat, dan timur berbatasan dengan Kabupaten Ciamis. Selain Ciamis, di timur juga berbatasan dengan Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Kota Banjar yang dibelah Sungai Citanduy di bagian tengah memiliki lanskap yang beragam. Bagian utara, selatan dan barat kota merupakan wilayah berbukit-bukit. Sedangkan sebagian kawasan pertanian terhampar di pinggiran kota. Tak hanya itu, ada juga perkebunan jati yang dikelola oleh Perhutani dan hutan hujan tropis biasa.

Sebagai kota perlintasan, Banjar pun terus mengembangkan sektor perdagangan dan jasa yang dapat menyokong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Begitu juga dengan industri kreatif berbasis industri rumahan sebagai faktor pendukung pariwisata.

Potensi wisata di kota yang berpenduduk 183.110 jiwa pada 2019 tak kalah dengan objek wisata di daerah lain. Potensi alam yang bisa dioptimalkan untuk tujuan wisata antara lain Wana Wisata Situ Mustika di Purwaharja, kawasan Situ Leutik di Desa Cibeureum, Bukit Pajamben di Kecamatan Pataruman hingga Sungai Citanduy.

Eksotisme alam di kota nan asri ini menyajikan perjalanan wisata yang menyenangkan dengan spot-spot menarik di dalamnya. Terlebih, Kota Banjar merupakan pintu gerbang menuju objek wisata Pantai Pangandaran. *

Website Pemerintah Kota Banjar: banjarkota.go.id