Kalimantan Timur

BandungKlik – Provinsi Kalimantan Timur beribu kota di Kota Samarinda. Sebelum dimekarkan sebagian wilayahnya menjadi Provinsi Kalimantan Utara pada tahun 2012 adalah provinsi terluas kedua setelah Papua. Saat itu luas wilayahnya lebih dari 200.000 kilometer persegi.

Setelah pemekaran, seturut kaltim.bps.go.id, Provinsi Kalimantan Timur memiliki luas wilayah 129.066,64 kilometer persegi, masih sedikit lebih luas dari Pulau Jawa.

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara: Provinsi Kalimantan Utara

Selatan: Provinsi Kalimantan Selatan

Barat: Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Barat, Negara Bagian Serawak (Malaysia)

Timur:  Selat Makassar dan Laut Sulawesi

Provinsi Kalimantan Timur mempunyai topografi bergelombang dari kemiringan landai hingga curam dengan ketinggian antara 0 – 1.500 mdpl dan kemiringan 0 – 60 persen. Potensi alam provinsi ini terbilang melimpah dan hasilnya sebagian besar diekspor, seperti hasil pertambangan dan kehutanan.

Sungai terpanjang kedua di Indonesia, yaitu Sungai Mahakam, membentang di provinsi ini sepanjang 920 kilometer. Seturut literatur sejarah, sungai tersebut juga berperan penting bagi perkembangan salah satu kerajaan tertua di Nusantara, yaitu Kerajaan Kutai pada abad ke-4. Kerajaan ini didirikan di tepi Sungai Mahakam.

Keberadaan Kerajaan Kutai (Hindu) diketahui dari sumber sejarah berupa Prasasti Yupa yang ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta.

Dari sektor pariwisata, Provinsi Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona yang luar biasa. Salah satunya Pulau Maratua, yaitu destinasi wisata bahari yang bisa dibilang tak kalah dengan keindahan Maladewa di Samudera Hindia.

Potensi wisata alam provinsi ini juga sebagian tersimpan di Taman Nasional Kutai yang mencapai 198.629 hektare. Keanekaragaman hayati flora yang terkenal  di taman ini antara lain anggrek hitam.

Secara administratif, Provinsi Kalimantan Timur terdiri dari tiga kota dan tujuh kabupaten.

Kota

1. Kota Balikpapan

2. Kota Bontang

3. Kota Samarinda

Kabupaten

1. Kabupaten Berau

2. Kabupaten Kutai Barat

3. Kabupaten Kutai Kartanegara

4. Kabupaten Kutai Timur

5. Kabupaten Mahakam Ulu

6. Kabupaten Paser

7. Kabupaten Penajam Paser Utara

 

Sumber:

kaltimprov.go.id

kaltim.bps.go.id