Kabupaten Karawang

lambang kabupaten karawang

BandungKlik – Kabupaten Karawang di Provinsi Jawa Barat termasuk daerah dataran yang relatif rendah. Ketinggian tanahnya bervariasi antara 0 – 1.279 meter di atas permukaan laut.

Secara geografis, Kabupaten Karawang yang berjarak sekira 95 kilometer dari Kota Bandung dilalui beberapa sungai yang bermuara di Laut Jawa. Sungai-sungai tersebut antara lain Sungai Citarum yang memisahkan dengan Kabupaten Bekasi dan Sungai Cilamaya yang menjadi batas wilayah dengan Kabupaten Subang.

Kabupaten yang masyhur akan tari bajidor ini punya luas wilayah 1.652,20 kilometer persegi. Wilayah seluas ini, dihuni penduduk sebanyak 2.353.915 jiwa pada 2019.

Dilihat dari letak geografisnya, sektor pariwisata di Kabupaten Karawang punya beragam potensi. Objek wisata yang ada terbagi atas objek wisata pergunungan, bahari, sejarah (heritage), religi, purbakala, dan buatan.

Curug Cigentis merupakan salah satu wisata alam air terjun favorit di Kabupaten Kawarang. Curug atau air terjun dengan ketinggian terjunan air 25 meter tersebut berada di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru. Wanawisata di kawasan Gunung Sanggabuana tersebut berjarak sekira 44 kilometer dari pusat kota Karawang.

Di seputar Curug Cigentis juga ada curug lainnya yang masih satu aliran, salah satu dari tujuh tingkatan curug yang ada di Gunung Loji. Curug tersebut antara lain Curug Cipanundaan, Curug Bandung, Curug Cikarapyak, dan Curug Cikoleangkak. Namun, wanawisata air terjun bukan satu-satunya yang berada di Kawarang. Wilayah ini juga punya garis pantai yang lumayan panjang.

Sejauh ini tercatat kurang lebih 32 objek destinasi wisata yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten berjuluk kota pangkal perjuangan. Dari 30 kecamatan yang ada, setiap kecamatan punya potensi dan produk yang diunggulkan mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, buatan hingga kuliner. *

Website Pemerintah Kabupaten Karawang : karawangkab.go.id