Kabupaten Garut

BandungKlik – Kabupaten Garut merupakan daerah penyangga bagi pengembangan wilayah metropolitan Bandung Raya. Kabupaten yang acap disebut kota dodol ini punya kedudukan yang strategis di dekat ibu kota provinsi. Salah satunya berperan dalam pengendalian keseimbangan lingkungan.

Pada 2019, jumlah penduduknya mencapai 2.622.425 jiwa. Dengan luas wilayah mencapai 3.074,07 kilometer persegi, Kabupaten Garut yang beriklim tropis punya bentang alam pergunungan yang luas. Kabupaten ini juga tercatat sebagai kabupaten terluas ketiga di Jawa Barat.

Secara geografis, wilayah Kabupaten Garut dikelilingi sejumlah gunung aktif. Selain Gunung Guntur, Haruman, dan Kamojang di sebelah barat, juga ada Gunung Papandayan dan Cikuray di selatan-tenggara. Sementara di sebelah timur menjulang Gunung Cikuray, Talagabodas dan Galunggung.

Oleh karena hamparan pergunungannya yang sangat indah, kabupaten ini diibaratkan pergunungan Alpen yang mendominasi sebagian wilayah Swiss. Tak heran, Garut banyak dibilang Swiss van Java karena kemiripannya itu.

Dikelilingi pergunungan, pusat kota Garut terletak di ketinggian 717 mdpl dan relatif berhawa sejuk. Sedangkan bentang alam di bagian selatan berupa dataran rendah dan hamparan pesisir. Dengan garis pantai sepanjang 80 kilometer, Garut punya banyak pantai indah yang mengarah ke Samudera Hindia. Pantai tersebut antara lain Santolo dan Sayang Heulang. Selain itu, kabupaten yang tenar dengan domba garut ini juga punya banyak air terjun yang masih alami.

Gunung Papandayan dengan ketinggian 2.665 mdpl adalah salah satu destinasi wisata alam populer di Garut dan favorit para pendaki. Kompleks wisata gunung berapi ini menyajikan pesona alami berupa area kawah bekas letusan gunungapi.

Kawah Papandayan merupakan kompleks gunung berapi yang masih aktif seluas 10 hektare. Masih di kawasan ini, terdapat hutan mati akibat letusan gunung terdahulu. Selain itu, terdapat hamparan padang edelweiss tegal alun. *

Website Pemerintah Kabupaten Garut : garutkab.go.id