Kabupaten Sumedang

lambang kabupaten sumedang

BandungKlik – Apa sih yang terbayang ketika terdengar nama Cadas Pangeran? Kabupaten Sumedang! Benar, tahu dari mana? Ya, Sumedang juga kesohor akan tahunya yang lezat dan gurih hingga ke berbagai pelosok negeri. Akan tetapi tak hanya itu. Sumedang punya banyak destinasi wisata favorit.

Dengan luas 1.518,33 kilometer persegi, sebagian besar wilayah Sumedang yang terdiri dari 26 kecamatan merupakan dataran tinggi pergunungan. Hanya sebagian kecil wilayah kota tahu ini yang berada di dataran rendah.

Objek wisata di Sumedang kebanyakan objek wisata alam. Selain itu, objek wisata budaya mengingat kabupaten yang awalnya berada di bawah kekuasaan Kerajaan Galuh ini dikenal sebagai puser (pusat) budaya Sunda. Ada banyak seni dan tradisi yang berkembang di Sumedang Larang. Kuda Reggong, misalnya.

Di bagian selatan Sumedang menjulang Gunung Tampomas dengan keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. Gunungapi dengan ketinggian 1.684 mdpl ini menyajikan panorama indah, menjadi tempat pendakian hingga berkemah.

Terletak 45 kilometer dari Kota Bandung—ibu kota Provinsi Jawa Barat, Sumedang dilintasi Jalur Raya Pos peninggalan HW Daendels. Jalur ini melintasi kawasan perbukitan Cadas Pangeran sepanjang 3 kilometer.

Sumedang sebagai sebuah kota mempunyai ciri kota lama khas di Pulau Jawa, yaitu terdapat Alun-alun sebagai pusat kota yang dikelilingi Masjid Agung, kantor pemerintahan, dan lembaga pemasyarakatan atau rumah penjara. Di tengah Alun-alun terdapat monumen bernama Lingga yang dibangun pada 1922. Lingga kemudian dijadikan lambang pemerintah daerah setempat. *

Website Pemerintah Kabupaten Sumedang: sumedangkab.go.id