Kabupaten Pangandaran

lambang kabupaten pangandaran

BandungKlik – Menjadi daerah otonom tahun 2012, potensi terbesar Kabupaten Pangandaran bersumber dari sektor pariwisata terutama pantai, laut, dan sungai. Potensi ini sudah dikembangkan bahkan ketika masih menjadi bagian dari Kabupaten Ciamis.

Saat ini, Pangandaran berstatus sebagai kabupaten termuda di Jawa Barat. Kabupaten dengan pusat pemerintahan di Kecamatan Parigi ini punya luas wilayah mencapai 1.010 kilometer persegi.

Dengan garis pantai sepanjang 91 kilometer di Samudera Hindia, Pangandaran punya pantai favorit. Misalnya, Pantai Pananjung dengan daratan yang menjorok ke laut dan menjadi cagar alam, Pantai Batu Karas, dan Pantai Batu Hiu. Sedangkan wisata sungai ada Cukang Taneuh dan Citumang. Destinasi-destinasi wisata tersebut tak hanya banyak dikunjungi wisatawan domestik tetapi juga dari mancanegara.

Pantai Pananjung dengan dua pantainya, pantai barat dan timur, menyajikan pesona sunset dan sunrise. Pantai barat menjadi aktivitas favorit wisatawan untuk berekreasi terutama saat pagi dan sore menjelang matahari terbenam. Sementara di pantai timur terdapat zona rekreasi dan aktivitas nelayan menangkap ikan.

Selain pantai dan sungai, Pangandaran juga punya banyak gua alam dengan segala keunikannya yang tersebar di sejumlah kecamatan. Gua tersebut antara lain Gua Lalay, Gua Cemped, Gua Parat, Gua Panggung, Gua Karang Bolong dan banyak lagi.

Kabupaten yang berada di tenggara Jawa Barat juga memiliki potensi pertanian dan perikanan yang cukup melimpah. Pada 2012, luas pemeliharaan ikan untuk tambak sebesar 44 hektare, kolam atau empang 339 hektare, dan sawah sekitar 18,3 hektare. *

Website Pemerintah Kabupaten Pangandaran: portal.pangandarankab.go.id