Kota Depok

lambang kota depok

BandungKlik – Sebagai salah satu kota penyangga ibu kota negara, Depok terus mengembangkan pariwisatanya untuk menggaet banyak wisatawan. Kota dengan luas wilayah mencapai 200,29 kilometer persegi ini setidaknya punya empat potensi wisata mencakup wisata alam, wisata buatan, budaya dan pendidikan.

Dulu, Kota Depok termasuk bagian dari wilayah Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Dalam perkembangannya, ditetapkan sebagai kota otonom pada tahun 1999 dan terdiri dari 11 kecamatan. Secara administratif, kota ini terletak di selatan ibu kota negara tepatnya antara Jakarta dan Bogor.

Wisata alam di Depok antara lain ada di 22 situ dan wisata Sungai Ciliwung. Di sektor wisata buatan ada nama objek wisata D’ Kandang Amazing Farm, Godong Ijo, Masjid Kubah Emas hingga Depok Fantasi Park. Wisata buatan cukup banyak dikembangkan di sana terutama sebagai tempat rekreasi keluarga dan anak-anak. Tak heran jika Depok menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Jakarta untuk sekadar melepas penat dari rutinitas.

Sementara destinasi wisata kebudayaan di antaranya Sanggar Seni Ayodya Pala, Sanggar Larasati, Old House Margo City dan Rumah Cimanggis. Bangunan Rumah Cimanggis yang dibangun antara tahun 1771 dan 1775, dulu adalah milik petinggi Kongsi Dagang Belanda Hindia Timur atau Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Destinasi yang tak kalah menarik di kota berpenduduk 2.406.826 jiwa pada 2019 adalah Agrowisata Belimbing Dewa. Depok memang dikenal sebagai penghasil buah belimbing terbesar di Indonesia. Oleh karena itu dijuluki kota belimbing. Di agrowisata ini, para wisatawan dapat merasakan sensasi memetik belimbing langsung dari pohonnya.

Ragam kuliner juga menjadi sektor pariwisata yang berkembang di Kota Depok khususnya di Jalan Margonda sebagai jalan utama. Di sana tersaji aneka kuliner mulai dari tradisional hingga masakan Jepang. *

Website Pemerintah Kota Depok : depok.go.id