Lezatnya Hidangan Nasi Kebuli Al Mustofa Bandung

nasi kebuli
Nasi kebuli daging kambing Al Mustofa Bandung. (Irwan Akhmad/ Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Nasi Kebuli kian mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Cita rasanya yang lezat dan kaya rempah menjadi salah satu alasan hidangan ini diburu pencinta kuliner Nusantara.

Bagi penyuka makanan ala Timur Tengah tentu sudah tak asing lagi dengan olahan nasi kebuli. Memang, hidangan ini menyajikan sensasi rasa yang unik berpadu dengan aroma rempah yang menggugah selera.

Hidangan nasi kebuli sangat populer di kalangan masyarakat Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab yang tinggal di Indonesia. Kreasi yang hadir dalam hidangan ini mencerminkan adanya pengaruh budaya Arab khususnya tradisi Yaman. Sepintas nasi kebuli mirip dengan nasi biryani (briyani) yang juga kaya akan rempah dan menggunakan beras basmati.

Hidangan nasi kebuli yang merupakan makanan Indonesia ini bercita rasa gurih dan berwarna kekuningan. Rasanya yang lezat diperoleh dari kaldu daging yang dimasak bersama minyak samin. Nasi ditanak bersama bahan-bahan tersebut hingga aroma wanginya yang khas mengepul.

Ragam Rempah

Ada banyak rempah yang digunakan sebagai campuran seperti cengkeh, lada hitam, kapulaga, pala hingga kayu manis. Dapat dibayangkan betapa gurihnya rasa yang disajikan nasi kebuli?

nasi biryani
Nasi biryani kambing Al Mustofa.

Umumnya, nasi kebuli disajikan bersama potongan daging kambing atau daging ayam plus topping kismis. Begitu pun di Rumah Makan Nasi Kebuli Al Mustofa di Jalan Pasir Impun 50 Bandung. Rumah makan yang baru buka ini khusus menyajikan makanan khas Timur Tengah.

Selain nasi kebuli, juga tersedia nasi biryani, nasi bukhori, dan nasi mandhi. Potongan daging kambing yang empuk dan superlezat makin menambah cita rasa dan menggugah selera. Terlebih, daging kambing tersebut juga dibumbui aneka rempah dan dibakar.

nasi kebuli ayam
Nasi kebuli ayam Al Mustofa.

Satu porsi nasi kebuli daging kambing yang lezat dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp 65.000, sedangkan nasi kebuli ayam Rp 49.000. Selain bisa disantap di tempat, nasi kebuli Al Mustofa juga menerima pesanan termasuk dalam paket nampan. Untuk pemesanan bisa langsung hubungi 08133302950. *

Silakan baca: Sekelumit Cerita di Balik Cita Rasa Nasi Goreng