Kalimantan Utara

BandungKlik – Saat ini Kalimantan Utara tercatat sebagai provinsi termuda di Indonesia atau provinsi ke-34. Secara resmi, wilayah yang semula bagian dari Provinsi Kalimantan Timur disahkan pada 25 Oktober 2012.

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Negara Bagian Sabah (Malaysia)

Selatan: Provinsi Kalimantan Timur

Barat: Negara Bagian Serawak (Malaysia)

Timur: Laut Sulawesi

Setelah pemekaran, seturut kaltara.bps.go.id, luas wilayah provinsi paling utara di Pulau Kalimantan ini mencapai 75.467,70 kilometer persegi. Selain itu, berdasarkan kewenangan provinsi memiliki luas lautan mencapai 11.579 kilometer persegi atau 13% dari total luas wilayah.

Dilihat dari batas wilayah daratan, Kalimantan Utara adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan dua negara bagian Malaysia, yaitu Serawak dan Sabah. Provinsi ini juga terbilang unik karena pusat pemerintahannya atau ibu kotanya di kabupaten, bukan kota, yaitu di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Salah satu pulau terluar di Indonesia, yaitu Pulau Sebatik termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Utara. Pulau kecil di timur laut provinsi ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia.

Dari total luas wilayah provinsi ini, 1.271.696,56 hektare terhampar sebagai wilayah konservasi di dalam Taman Nasional Kayan Mentarang. Taman nasional yang memiliki kawasan hutan primer dan sekunder tua terbesar di kawasan Asia Tenggara masuk wilayah Kabupaten Malinau dan Nunukan.

Taman nasional ini menjadi habitat sejumlah satwa dilindungi, seperti banteng (Bos javanicus), beruang madu (Helarctos malayanus), dan trenggiling (Manis javanica). Satwa dilindungi lainnya adalah macan dahan (Neofelis nebulosa), rusa sambar (Cervus unicolor), dan landak (Hystrix brachyura).

Kekayaan alam Provinsi Kalimantan Utara juga tersaji dalam beragam objek wisata alam yang memukau termasuk wisata bahari. Pantai Tanah Kuning dan Pantai Tanjung Batu adalah dua dari sekian banyak pantai eksotis yang masih alami.

Secara administratif, Provinsi Kalimantan Utara terdiri dari satu kota dan empat kabupaten.

Kota

1. Kota Tarakan

Kabupaten

1. Kabupaten Bulungan

2. Kabupaten Malinau

3. Kabupaten Nunukan

4. Kabupaten Tana Tidung

 

Sumber:

kaltaraprov.go.id

kaltara.bps.go.id