Gorontalo

BandungKlik – Provinsi Gorontalo tercatat sebagai provinsi ke-32 di Indonesia dan disahkan pemerintah pada 22 Desember 2000. Sebermula, wilayahnya masuk Provinsi Sulawesi Utara.

Seturut gorontalo.bps.go.id, luas Provinsi Gorontalo mencapai 11.257,07 kilometer persegi sekaligus wilayah provinsi terkecil di Pulau Sulawesi.

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Laut Sulawesi

Selatan: Teluk Tomini

Barat: Provinsi Sulawesi Tengah

Timur: Provinsi Sulawesi Utara

Beribu kota di Kota Gorontalo, provinsi termuda di Pulau Sulawesi ini dikenal dengan sebutan Semenanjung Gorontalo pada masa Hindia Belanda.

Letak provinsi ini boleh dibilang strategis karena diapit oleh dua perairan. Perairan tersebut adalah Teluk Tomini di selatan dan Laut Sulawesi di utara.

Menurut catatan sejarah maritim Nusantara, Laut Sulawesi menjadi penting karena merupakan jalur pelayaran dari Pulau Sulawesi menuju Filipina. Sementara itu, Teluk Tomini sedari dulu menjadi sumber kehidupan penduduk kerajaan-kerajaan yang bermukim di sana.

Dilihat dari topografinya, provinsi ini memiliki permukaan tanah yang sebagian besar berupa perbukitan. Oleh karena itu, di sana terdapat banyak gunung dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Gunung Tabongo di Kabupaten Boalemo adalah gunung tertinggi di Provinsi Gorontalo. Di kabupaten tersebut juga mengalir sungai terpanjang, yaitu Sungai Paguyaman sepanjang 99,3 kilometer.

Provinsi yang dikenal juga sebagai “Hulontalo” memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya potensi kekayaan perikanan dan kelautan. Hasil perikanan terbesar diperoleh dari budaya perikanan darat sebesar 115.477,39 ton atau 54,36% dari keseluruhan produksi.

Dari sektor potensi pariwisata, provinsi berjuluk “Bumi Serambi Mekah” punya destinasi pariwisata yang menakjubkan dan tersebar di kabupaten dan kota.

Salah satu objek wisata yang populer adalah wisata pantai, seperti Pantai Bolihutuo dan Taman Laut Olele. Destinasi lainnya adalah Taman Laut Pulau Limba, Pantai Pasir Putih Tilamuta, Pantai Teluk Tomini dan Taman Laut Bitilia.

Secara administratif, Provinsi Gorontalo terdiri dari satu kota dan lima kabupaten.

Kota

1. Kota Gorontalo

Kabupaten

1. Kabupaten Boalemo

2. Kabupaten Bone Bolangan

3. Kabupaten Gorontalo

4. Kabupaten Gorontalo Utara

5. Kabupaten Pohuwato.*

 

Sumber:

gorontaloprov.go.id

gorontalo.bps.go.id