Kabupaten Indramayu

lambang kabupaten indramayu

BandungKlik – Terletak di bagian utara Jawa Barat, Kabupaten Indramayu berbatasan dengan Laut Jawa. Kabupaten yang membentang sepanjang pantai utara antara Cirebon – Subang ini, punya garis pantai sepanjang 147 kilometer.

Seperti kabupaten lainnya di Jawa Barat, Kabupaten Indramayu adalah daerah yang cukup subur dan sebagian besar wilayahnya merupakan tanah sawah. Kabupaten ini tercatat sebagai daerah penghasil padi sekaligus lumbung beras Jawa Barat.

Selain padi, kabupaten dengan jumlah penduduk 1.728.469 jiwa pada 2019 ini kaya akan sumber bahan tambang yaitu minyak dan gas bumi.

Dengan luas wilayah mencapai 2.040,11 kilometer persegi, Indramayu berada pada ketinggian antara 0 – 18 mdpl. Dataran rendahnya yang berkisar antara 0 – 6 mdpl berupa rawa, tambak, sawah, dan pekarangan.

Selain kekayaan alam, Indramayu juga kaya akan tradisi, seni dan budaya serta sejarah. Objek wisatanya mencakup wisata alam, wisata agro, wisata ziarah, wisata rohani, dan wisata kuliner.

Di Indramayu ada beberapa pantai yang menjadi tempat rekreasi favorit. Sebut saja antara lain Pantai Karangsong di Kecamatan Indramayu, Pantai Tirtamaya dan Pantai Glayem di Kecamatan Juntinyuat, Pantai Balongan Indah di Kecamatan Balongan, dan Pantai Eretan di Kecamatan Kandanghaur. Pantai-pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

Di samping sebagai objek wisata bahari, pantai yang indah itu juga menjadi tempat merapatnya perahu-perahu nelayan. Pantai Eretan, bahkan punya kisah menarik dan sejarah tersendiri karena pantai ini merupakan tempat mendaratnya Tentara Jepang pada tahun 1942.

Sementara itu, di sekitar pesisir Karangsong terdapat hutan bakau atau hutan mangrove. Di sepanjang jalan menuju pantai, banyak dijumpai para pekerja atau pengrajin yang membuat perahu atau kapal berukuran kecil dan besar. *

Website Pemerintah Kabupaten Indramayu: indramayukab.go.id