Kabupaten Kuningan

BandungKlik – Dilihat dari posisi geografisnya, Kabupaten Kuningan terletak di bagian timur Provinsi Jawa Barat. Yaitu, berada di lintasan jalan regional yang menghubungkan Kota Cirebon dengan wilayah Priangan Timur.

Kabupaten berpenduduk 1.080.804 jiwa pada 2019 ini juga sebagai jalan alternatif di jalur tengah yang menghubungkan Bandung – Majalengka dengan Jawa Tengah.

Bagian timur wilayah kabupaten ini adalah dataran rendah. Sedangkan di bagian barat berupa pergunungan dengan puncaknya Gunung Ciremai yang berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Kabupaten Kuningan dengan luas wilayah 1.110,56 kilometer persegi punya kawasan dan sumber daya alam yang cukup melimpah. Kekayaan alam yang ada di kabupaten berjuluk kota kuda ini salah satunya Gunung Ciremai (3.078 mdpl).

Bukan hanya berstatus sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Ciremai merupakan salah satu ekosistem pergunungan yang punya keunikan karena letaknya tak terlalu jauh dari laut.

Waduk Darma, Talaga Remis dan Palutungan merupakan objek wisata alam favorit lainnya yang ada di kabupaten ini.

Kemiringan tanah yang dimiliki Kuningan terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, lereng, lembah dan pergunungan. Karakter tersebut menyajikan bentang alam yang indah dan udara yang sejuk.

Seperti beberapa kabupaten lainnya di Jawa Barat, Kabupaten Kuningan juga kaya akan seni, tradisi dan budaya Sunda yang khas. Misalnya, Tari Buyung di Kecamatan Cigugur ataupun Tradisi Kawin Cai di Kecamatan Jalaksana. *

Website Pemerintah Kabupaten Kuningan: kuningankab.go.id