Kota Bekasi

lambang kota bekasi

BandungKlik – Dikenal sebagai kota patriot dan kota industri, Bekasi merupakan bagian dari kota megapolitan Jabodetabek. Letaknya yang berbatasan langsung dan berjarak cukup dekat dari pusat ekonomi ibu kota negara, menjadikan Kota Bekasi sebagai tempat favorit bagi warga Jakarta untuk tinggal.

Perekonomian kota pejuang ini ditunjang sektor perdagangan, perhotelan, dan restoran. Tak heran, jika banyak dijumpai dengan mudah pusat perbelanjaan, gedung-gedung bertingkat dan segala fasilitas kemajuan kota lainnya. Pun kawasan industrinya yang menjadi mesin pertumbuhan ekonomi terutama industri pengolahan.

Di balik popularitasnya sebagai pusat industri, rupanya Kota Bekasi menyimpan potensi wisata yang menjanjikan. Tak kalah menarik dibanding destinasi wisata lainnya di Indonesia khususnya di Jawa Barat. Keanekaragaman wisata di kota satelit ibu kota ini mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang mengunjunginya.

Wilayah Kota Bekasi dengan jumlah penduduk  3.003.923 jiwa pada 2019 memang tak terlalu luas, yakni sekira 210 kilometer persegi. Namun, berbagai potensi pariwisata dapat dijumpai di sana semisal wisata budaya, sejarah, hiburan hingga wisata alam.

Kota ini terletak pada ketinggian antara 11 – 81 meter di atas permukaan laut sehingga cuacanya relatif panas. Namun, ada semacam peneduh yang membuat kota ini lebih bernapas lega di tengah menjulangnya gedung-gedung bertingkat. Hutan Kota Bina Bangsa difungsikan sebagai ruang terbuka hijau untuk menjaga keseimbangan lingkungan di seputar Stadion Patriot. Hutan yang juga bumi perkemahan ini sangat rimbun karena punya lebih dari tujuh ribu pohon.

Objek wisata lainnya adalah Rumah Pohon Bekasi yang berada di Jatiasih. Taman rekreasi keluarga ini menyajikan suasana yang menyegarkan dan menyejukan. Apalagi dilengkapi dengan sejumlah wahana bermain untuk anak-anak. Di sini, para pengunjung bakal menemukan bangunan rumah yang terbuat dari kayu dengan konsep alami. *

Website Pemerintah Kota Bekasi: bekasikota.go.id