BandungKlik – Kota Bandung kini memiliki destinasi wisata kuliner yang menyajikan venue dan dining MICE eksklusif dan terlengkap. Nama tempatnya Plataran Bandung, yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 27, Kota Bandung.

Pastinya Plataran Bandung akan memberikan pengalaman unik yang akan selalu berkesan bagi setiap tamu. Lokasinya pun strategis karena berdekatan dengan Gedung Sate dan Gasibu yang menjadi salah satu pusat keramaian.

Pengunjung yang datang ke tempat ini akan merasakan suasana nyaman seperti berada di rumah sendiri, yang tentu saja dibalut dengan nuansa elegan. Tersedia beberapa venue yang elegan dan menarik.

Pengalaman menarik ini, bisa pengunjung mulai dengan menikmati sajian kuliner dari Askara Lounge. Sebuah venue yang merupakan tempat untuk bersantai serasa di ruang tamu.

Kemudian lanjut ke area Merak Venue yang mana Greeter dan staff Plataran Bandung sudah bersiap untuk menyambut hangat kedatangan para tamu. Di ruangan ini, mata tamu akan dimanjakan lukisan Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat.

Dengan suasana Intimate Royal Homey Dining dan fasilitas convention yang lengkap, tempat ini dapat menampung hingga 600 orang tamu. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan ideal untuk menjadi tempat acara pertunangan, pernikahan, MICE, maupun agenda dan perayaan besar lainnya.

Direktur of Sales Plataran Bandung Arianti menyampaikan, Plataran Bandung kerap menjadi venue acara dengan konsep Intimate dan Royal. Seperti Luncheon Wedding, Dinner Wedding, Sangjit, ataupun lamaran yang hanya dihadiri oleh keluarga inti.

Silakan baca: Sembilan Dapur Kuliner Legendaris Kota Bandung

Arianti menyebutkan, Plataran Bandung pernah menjadi venue untuk acara besar. Di antaranya Kunjungan Kerja Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang dihadiri oleh Iriana Joko Widodo. Lalu Agenda Makan Siang Ikatan Istri Pimpinan BUMN (IIP BUMN) yang dihadiri oleh Liza Erick Tohir.

Hidangan Khas Nusantara
Plataran Bandung
Menu hidangan khas Nusantara. (dok. Plataran Bandung)

Selain menampilkan venue elegan, sebagai bagian dari True Indonesian Icon, Plataran Bandung juga menyajikan berbagai hidangan khas Nusantara yang menggugah selera. Ada Jamur Istana, Sate Plataran Nusantara, Cireng Podomoro, Bola-Bola Gasibu dan Nasi Goreng Tiga Dewi.

Menurut Head Chef Plataran Bandung Chef Narto Sasongko, Nasi Goreng Tiga Dewi menjadi pilihan favorit dari banyak tamu karena rasanya yang unik. Merupakan perpaduan dari tiga cita rasa nasi goreng, yaitu perpaduan antara kecombrang, buah naga, dan keluwek.

Chef Narto menjelaskan, Plataran Bandung juga memiliki kudapan Cireng Podomoro yang sangat disukai Iriana Joko Widodo. Sedangkan Jamur Istana merupakan kesukaan Presiden RI Joko Widodo saat datang ke Plataran Bandung beberapa waktu lalu.

Menu Local Legacy

Pada Oktober 2023, restoran ini mengeluarkan menu baru “Local Legacy” yang merupakan warisan dan tradisi dari Plataran. Di dalam menu ini, setiap hidangan yang tersaji menggambarkan keanekaragaman budaya dan rasa Indonesia. Mulai dari Keripik Mekar yang renyah, Salad Daging Madu yang segar, dan Soup Ikan Rempang sebagai Appetizer.

Kemudian untuk menu utama, ada  Ayam Bakar Jamu yang kaya akan rempah. Iga Kopi yang memberikan keunikan rasa, Udang Lobi-Lobi yang segar dari asam jawa dan lemon. Serta Nasi Goreng Ikan Kayu yang gurih dengan bumbu khas dan Tofu Pokchoy.

“Untuk hidangan penutup, Plataran Bandung menghadirkan Bolu Ketan Hitam dan Coffee Avocado Teng-Teng. Merupakan perpaduan antara alpukat dan cemilan teng-teng khas Jawa Barat. Sebagai dessert nan manis dan menggugah selera,” papar Chef Narto.

Silakan baca: Jabar Tetapkan 5 Kuliner Warisan Budaya Tak Benda

Bukan hanya itu, destinasi kuliner ini juga menghadirkan mocktail spesial yang pernah tersaji di meja para kepala negara pada Gala Dinner KTT ASEAN Ke-43. Mocktail spesial ini terdiri dari tiga varian rasa, yakni, Kamoro Burst, Javanese Sour, dan Bhinneka. Pastinya setiap tegukan Mocktail merangkaikan kisah budaya dan warisan Indonesia.* (rls)