Aceh

BandungKlik – Provinsi Aceh terletak di bagian paling barat gugusan kepulauan Nusantara. Provinsi ini menduduki posisi strategis sebagai gerbang lalu lintas perdagangan dan kebudayaan yang menghubungkan Timur dan Barat. Bahkan, peran vital ini telah berlangsung berabad-abad lampau.

Dalam perannya itu, Aceh menjadi tempat persinggahan pada pedagang dari Eropa, China, India, dan Arab. Dengan begitu, menjadikannya daerah pertama masuknya budaya dan agama ke Nusantara. Seperti abad ke-7 ketika para pedagang dari India memperkenalkan Hindu dan Budha. Akan tetapi, Aceh lebih sejalan dengan masuk dan berkembangnya Islam yang diperkenalkan pedagang dari Arab menjelang abad ke-9.

Seturut catatan sejarah, Aceh adalah tempat pertama masuknya agama Islam di Indonesia termasuk munculnya kerajaan Islam pertama yaitu Pasai dan Peureulak. Wilayah di semenanjung Malaka yang merupakan Kesultanan Aceh mencapai puncak kejayaannya pada awal abad ke-17. Tepatnya pada masa Sultan Iskandar Muda. Pada masa itu pengaruh agama dan kebudayaan Islam demikian besar tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran, daerah ini beroleh julukan Serambi Mekah.

Sempat disebut Provinsi Daerah Istimewa Aceh, kemudian berubah menjadi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan menjadi Provinsi Aceh pada 2009 dengan ibu kota di Banda Aceh.

Batas wilayahnya:

Utara     : Teluk Benggala

Selatan : Provinsi Sumatera Utara

Barat     : Samudera Hindia

Timur    : Selat Malaka

Tenggara: Provinsi Sumatera Utara

Provinsi Aceh punya sumber daya alam yang melimpah, termasuk minyak bumi dan gas alam. Begitupun dengan kebudayaaan dan destinasi wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata populernya adalah Pulau Rubiah dan wisata religinya Masjid Raya Baiturrahman.

Secara administratif, Provinsi Aceh dengan luas wilayah mencapai 57.956 km persegi terdiri dari 5 kota dan 18 kabupaten:

1. Kota Banda Aceh

2. Kota Sabang

3. Kota Langsa

4. Kota Lhokseumawe

5. Kota Subulussalam

6. Kabupaten Aceh Barat

7. Kabupaten Aceh Barat Daya

8. Kabupaten Aceh Besar

9. Kabupaten Aceh Jaya

10. Kabupaten Aceh Selatan

11. Kabupaten Aceh Singkil

12. Kabupaten Aceh Tengah

13. Kabupaten Aceh Tenggara

14. Kabupaten Aceh Timur

15. Kabupaten Aceh Utara

16. Kabupaten Bener Meriah

17. Kabupaten Bireuen

18. Kabupaten Gayo Lues

19. Kabupaten Nagan Raya

20. Kabupaten Pidie

21. Kabupaten Pidie Jaya

22. Kabupaten Simeulue

23. Kabupaten Tamiang *

 

Sumber:

acehprov.go.id

aceh.bps.go.id