Sumatera Barat

BandungKlik – Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terhampar di bagian barat Pulau Sumatera dan mengarah ke Samudera Hindia. Provinsi ini terletak di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur.

Provinsi Sumatera Barat dianugerahi bentang alam yang menakjubkan dan warisan budaya yang mengagumkan.

Keragaman budayanya tercermin antara lain lewat merdunya saluang dan pupuik serta alunan talempong yang khas dan memanjakan telinga. Keunikan budaya Ranah Minang juga tak lepas dari pesona rumah gadang yang mendunia.

Menurut sumbar.bps.go.id, provinsi ini punya luas wilayah 42.012,89 kilometer persegi. Adapun batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Provinsi Sumatera Utara

Selatan: Provinsi Bengkulu

Barat: Samudera Hindia

Timur: Provinsi Riau dan Provinsi Jambi

Potensi sumber daya alam di Ranah Minang terbilang cukup melimpah. Provinsi ini punya perairan yang cukup luas di sepanjang tepi barat Swarnadwipa. Adanya Kepulauan Mentawai, selain punya potensi sumber daya alam terutama hutan, menjadi perisai untuk menahan gelombang Samudera Hindia yang besar.

Daratan di Sumatera Barat terbagi atas dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 – 2.500 mdpl di sebelah barat dan tengah. Sebagian berupa dataran rendah yang relatif sempit di sepanjang pantai serta di sebelah timur dengan ketinggian 1 – 1.000 mdpl.

Provinsi beribu kota di Kota Padang ini punya sejumlah geopark atau taman bumi. Geopark Nasional Sawahlunto, Geopark Nasional Ranah Minang Silokek, dan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau adalah potensi alam yang mengagumkan di provinsi ini.

Secara administratif, Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 7 kota dan 12 kabupaten.

Kota

1. Kota Bukittinggi

2. Kota Padang

3. Kota Padang Panjang

4. Kota Pariaman

5. Kota Payakumbuh

6. Kota Sawahlunto

7. Kota Solok

Kabupaten

1. Kabupaten Agam

2. Kabupaten Dharmasraya

3. Kabupaten Kepulauan Mentawai

4. Kabupaten Lima Puluh Kota

5. Kabupaten Padang Pariaman

6. Kabupaten Pasaman

7. Kabupaten Pasaman Barat

8. Kabupaten Pesisir Selatan

9. Kabupaten Sijunjung

10. Kabupaten Solok

11. Kabupaten Solok Selatan

12. Kabupaten Tanah Datar. *

 

Sumber:

sumbarprov.go.id

sumbar.bps.go.id