Kabupaten Ciamis

lambang kabupaten ciamis

BandungKlik – Seturut pada letak geografisnya, Kabupaten Ciamis berada pada posisi strategis. Kabupaten ini dilalui jalan nasional lintas provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. Selain itu,  dilalui jalan provinsi lintas Ciamis-Cirebon-Jawa Tengah.

Keberadaan kabupaten ini tak lepas dari Kerajaan Galuh. Dalam bahasa Sansekerta, galuh berarti batu permata.

Dua kali mengalami pemekaran wilayah, Kabupaten Ciamis kini punya luas wilayah 1.414,71 kilometer persegi. Berdirinya Kabupaten Pangandaran, menjadikannya tak lagi punya garis pantai yang membentang di Samudera Hindia.

Meski tak punya potensi kekayaan laut, Kabupaten Ciamis punya potensi alam lainnya yang dapat dikembangkan. Terlebih, kabupaten yang dialiri sungai utama di Jawa Barat yaitu Sungai Citanduy tersebut punya kondisi tanah yang subur. Sebab itu, mayoritas kabupaten berpenduduk 1.195.176 jiwa pada 2019 menggantungkan sumber penghasilannya dari aktivitas agraria.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Ciamis berupa pergunungan dan dataran tinggi. Kecuali, di bagian selatan di perbatasan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Lebih dari 60 persen luas wilayah yang khas dengan makanan galendo ini digunakan untuk kegiatan pertanian, mulai dari sawah, kebun, ladang, dan huma. Lahan tersebut belum termasuk hutan rakyat dan hutan negara yang mencapai 24 persen. Wilayah yang dikenal sebagai Tatar Galuh ini juga diberkahi banyak sumber mata air.

Di samping potensi alam dan kultur masyarakat yang masih menjunjung tinggi adat budaya dan kearifan lokal, Kabupaten Ciamis juga punya daya tarik wisata favorit. Salah satunya Situ Lengkong di Kecamatan Panjalu.

Situ Lengkong termasuk kawasan yang dilindungi dan ditetapkan sebagai cagar alam sejak tahun 1919. Situ Lengkong atau Situ Panjalu seluas 57,95 Ha menjadi favorit destinasi wisata ziarah dan budaya. Pemandangan situ tersaji dengan pulau di tengahnya yang bernama Nusa Larang. Situ Lengkong juga banyak dikaitkan dengan lahirnya Kerajaan Panjalu. *

Website Pemerintah Kabupaten Ciamis: ciamiskab.go.id