Mencicipi Kelezatan Mie Koba Bangka

Mie Koba Bangka
Sepiring tampilan Mie Koba khas Bangka. (Iwan Gunaesa/Bandung Klik).*

 

Bandungklik – Melakukan traveling ke suatu daerah, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya. Seperti berkunjung ke Pulau Bangka, akan terasa lebih lengkap jika mencicipi kuliner khas Mie Koba.

Nama sajian mie ini, diambil dari nama daerah asalnya, yakni Koba yang berada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Sebuah daerah yang tampak kota-kota Melayu zaman dulu dengan suasana tenang.

Sekilas, Mie Koba tampak seperti mie kuah pada umumnya. Namun cita rasa mie yang satu ini sangat gurih. Bagi lidah masyarakat di luar Pulau Bangka, khususnya Jawa, pasti akan terasa asing atau merasa menemukan sensasi rasa kuah yang baru. Karena mie ini menggunakan kuah ikan tenggiri yang memiliki rasa khas dan gurih.

Di dalamnya berisi mie kuning, suwiran ikan tenggiri, taoge, seledri, dan bawang goreng. Semua bahan itu lalu disiram kuah atau kaldu ikan tenggiri. Kita juga bisa memilih tambahan telur ayam rebus sebagai pelengkap.

Lebih nikmat lagi, dibubuhi sambal pedas dan perasan jeruk kunci khas Bangka yang mirip jeruk nipis. Hingga menambah kesegaran yang bercampur rasa gurih di mulut. Hati-hati sensasi rasanya akan membuat Anda ketagihan.

Silakan baca: Galendo, Oleh-oleh Khas Ciamis, Jawa Barat

Untuk menikmati seporsi Mie Koba, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena dibanderol dengan harga berkisar 15 ribu rupiah. Tempatnya pun  banyak dijumpai di sepanjang jalan pusat kota Koba.

Sekadar informasi, selain olahan mie ini, wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas Bangka lainnya, seperti kopi Tung Tau, martabak Bangka atau kue tabok, otak-otak ikan, tekwan, dan masih banyak lagi.*