Kabupaten Subang

lambang kabupaten subang

BandungKlik – Kabupaten Subang dianugerahi potensi alam yang luar biasa. Luas wilayahnya mencapai 1.893,95 kilometer persegi atau sekitar 5,35 persen dari luas Provinsi Jawa Barat. Di utara provinsi, Subang adalah salah satu kabupaten yang punya garis pantai.

Secara umum, wilayah kabupaten ini dibagi menjadi tiga zona utama. Pertama, dataran rendah di utara yang mengarah ke Laut Jawa. Kedua, dataran yang luas di bagian tengah, dan ketiga daerah pergunungan yang sejuk di selatan. Ketiga zona berbeda tersebut membuat Subang memiliki destinasi wisata yang beragam.

Dataran tinggi di Subang juga memiliki hamparan perkebunan yang luas, baik perkebunan rakyat maupun negara. Salah satunya perkebunan nanas di Kecamatan Cagak. Hasil bumi yang melimpah dari perkebunan tersebut mengantarkan kabupaten yang terdiri dari 30 kecamatan ini sebagai pemasok nanas terbesar di nusantara.

Subang bagian selatan memiliki ketinggian antara 500-1.500 meter di atas permukaan laut. Luasnya mencapai 41.035,09 hektare atau sekira 20 persen dari seluruh luas wilayah Kabupaten Subang. Wilayah ini meliputi Kecamatan Jalancagak, Ciater, Kasomalang, Cisalak, Sagalaherang, dan sebagian Tanjungsiang.

Sedangkan di bagian utara memiliki ketinggian antara 0-50 mdpl dengan luas mencapai 92.639 hektare atau sekira 45,15 persen dari total luas kota nanas.

Selain kawasan Ciater dan pesisir, Subang juga punya banyak objek wisata air terjun. Salah satunya adalah Curug Cileat di Kecamatan Cisalak. Curug Cileat tercatat sebagai air terjun tertinggi dan terbesar di Kabupaten Subang dengan ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter. *

Website Pemerintah Kabupaten Subang: subang.go.id