Banten

BandungKlik – Di Pulau Jawa, Banten tercatat sebagai provinsi termuda. Sebelum berdiri secara administratif pada tahun 2000, wilayahnya masuk dalam Provinsi Jawa Barat.

Dulu, ketika masuknya Hindu – Budha, wilayah ini merupakan bagian dari Kerajaan Sunda yaitu Tarumanagara. Kerajaan ini hancur seiring berdirinya Kasultanan Banten.

Terletak di ujung paling barat di Pulau Jawa, provinsi ini memposisikan diri sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera. Tak hanya itu, wilayahnya berbatasan langsung dengan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara. Posisi yang strategis ini menjadikannya sebagai penghubung utama jalur perdagangan Sumatera – Jawa melalui laut bahkan perdagangan Asia dan internasional.

Batas wilayahnya:

Utara: Laut Jawa

Selatan: Samudera Hindia

Barat: Selat Sunda

Timur: Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta

Secara umum, morfologi wilayah Banten terbagi menjadi tiga kelompok yaitu morfologi dataran, perbukitan landai dan sedang, dan perbukitan terjal. Total luas wilayahnya mencapai 9.662,92 kilometer persegi.

Provinsi ini punya bentang alam dan potensi pariwisata yang mengagumkan. Salah satunya terhampar di Taman Nasional Ujung Kulon sebagai habitat badak jawa yang masuk dalam daftar UNESCO.

Dari aspek kebudayaan, punya seni budaya yang khas seperti seni bela diri pencak silat, debus, rudad, dog-dog, dan lojor. Di provinsi ini juga terdapat peninggalan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama.

Tak hanya itu, ada suku asli Sunda Banten yang dikenal dengan suku Baduy. Masyarakat Baduy masih menjaga tradisi antimodernisasi baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya. Suku Baduy menetap di kawasan Cagar Budaya Pergunungan Kendeng seluas 5.101,85 hektare di daerah Kanekes Kabupaten Lebak.

Secara administratif, Provinsi Banten terbagi menjadi 4 kota dan 4 kabupaten.

1. Kota Cilegon

2. Kota Serang

3. Kota Tengerang

4. Kota Tangerang Selatan

5. Kabupaten Lebak

6. Kabupaten Pandeglang

7. Kabupaten Serang

8. Kabupaten Tangerang *

 

Website Pemerintah Provinsi Banten: bantenprov.go.id

Sumber data: banten.bps.go.id