Kalimantan Tengah

BandungKlik – Kalimantan Tengah tercatat sebagai provinsi dengan wilayah terluas di Pulau Kalimantan, yaitu 153.564,5 kilometer persegi atau 8,01% dari wilayah Indonesia. Wilayah seluas itu juga menjadikannya provinsi terluas kedua di tanah air setelah Papua.

Batas-batas wilayahnya sebagai berikut.

Utara: Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Kalimantan Timur

Selatan: Laut Jawa

Barat: Provinsi Kalimantan Barat

Timur: Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan

Sabuk pegunungan Muller Schwanner membatasi provinsi ini di bagian utara, setidaknya ada 52 bukit mulai dari ketinggian 343 mdpl hingga 2.278 mdpl. Puncak tertingginya di Bukit Raya, salah satu tujuh puncak tertinggi (seven summits) di Indonesia mewakili Pulau Kalimantan.

Kalimantan Tengah memiliki sebelas sungai besar dan tigapuluh tiga sungai kecil alias anak sungai. Sungai Barito adalah sungai terpanjang mencapai 900 kilometer dengan kedalaman 8 meter dan 700 kilometernya dapat dilayari.

Sumber daya alam provinsi beribu kota di Kota Palangka Raya ini didominasi hutan, yaitu sebesar 80%. Di tengah alam hijau nan asri terdapat orangutan sebagai satwa endemik khususnya di wilayah Taman Nasional Tanjung Putting. Taman nasional yang mempunyai luas mencapai 300.000 hektare ini terhampar di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan.

Di samping orangutan yang dilindungi, di sana juga terdapat beruang, bekantan, trenggiling, kukang, burung rangkong dan burung beo hingga ikan arwana.

Selain Taman Nasional Tanjung Puting, provinsi ini juga punya Taman Nasional Sebangau. Ini merupakan salah satu taman nasional pelestarian rawa gambut terbesar di Indonesia dan menjadi habitat ratusan jenis flora dan fauna.

Secara administratif, Provinsi Kalimantan Tengah mencakup satu kota dan tiga belas kabupaten.

Kota

1. Kota Palangka Raya

Kabupaten

1. Kabupaten Barito Selatan

2. Kabupaten Barito Timur

3. Kabupaten Barito Utara

4. Kabupaten Gunung Mas

5. Kabupaten Kapuas

6. Kabupaten Katingan

7. Kabupaten Kotawaringin Barat

8. Kabupaten Kotawaringin Timur

9. Kabupaten Lamandau

10. Kabupaten Murung Raya

11. Kabupaten Pulang Pisau

12. Kabupaten Sukamara

13. Kabupaten Seruyan.*

 

Sumber:

kalteng.go.id

kalteng.bps.go.id