Nusa Tenggara Barat

Lambang Nusa Tenggara Barat

BandungKlik – Seturut catatan sejarah, keberadaan status Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak datang dengan sendirinya. Provinsi ini sempat menjadi bagian dari Negara Indonesia Timur dalam konsepsi Negara Republik Indonesia Serikat. Selain itu, juga menjadi bagian dari Provinsi Sunda Kecil setelah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Seiring perkembangan zaman dan perubahan sistem ketatanegaraan, pascaproklamasi barulah terbentuk Provinsi Nusa Tenggara Barat. Secara resmi, statusnya sebagai provinsi ditetapkan sejak tahun 1958.

Batas wilayahnya:

Utara     : Laut Jawa dan Laut Flores

Selatan  : Samudera Hindia

Barat     : Selat Lombok dan Provinsi Bali

Timur    : Selat Sape dan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Provinsi Nusa Tenggara Barat terletak di kepulauan nusa tenggara dan beribu kota di Mataram. Di kepulauan ini terdapat dua pulau besar yakni Pulau Lombok dengan luas 4.738,65 km persegi dan Pulau Sumbawa 15.414,5 km persegi. Selain kedua pulau ini terdapat sekira 378 pulau kecil yang mengitarinya. Dari 380 pulau yang ada hanya 38 pulau yang berpenghuni.

Pulau-pulau kecil di sana biasa disebut gili dan kebanyakan merupakan daerah tujuan wisata. Sebut saja antara lain Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, GIli Lontar, Gili Gede, dan sejumlah gugusan pulau lainnya.

Kondisi geografis Nusa Tenggara Barat sangat bervariasi. Pulau Lombok terdiri atas perbukitan dengan pusat Gunung Rinjani serta gugusan pergunungan di utara dan selatan. Sedangkan dataran rendah berupa kawasan pertanian memanjang dari timur ke barat. Sementara di Pulau Sumbawa, gugusan pergunungan terdapat di sepanjang pulau dan dataran rendah terletak antara bukit di sepanjang pantai utara.

Luas daratan Provinsi Nusa Tenggara Barat mencapai 20.153,15 km persegi. Secara administratif, provinsi ini terdiri dari 2 kota dan 8 kabupaten sebagai berikut.

Kota

1. Kota Bima

2. Kota Mataram

Kabupaten

1. Kabupaten Bima

2. Kabupaten Dompu

3. Kabupaten Lombok Barat

4. Kabupaten Lombok Tengah

5. Kabupaten Lombok Timur

6. Kabupaten Lombok Utara

7. Kabupaten Sumbawa

8. Kabupaten Sumbawa Barat *

 

Sumber:

ntbprov.go.id

ntb.bps.go.id