Kabupaten Tasikmalaya

lambang kabupaten tasikmalaya

BandungKlik – Di tenggara Jawa Barat, sebagai kabupaten terbesar, Kabupaten Tasikmalaya punya peran yang penting di Priangan Timur. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa daerah hijau terutama pertanian dan kehutanan. Sebagian lain berupa pesisir.

Punya luas wilayah keseluruhan 2.551,19 kilometer persegi, Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 39 kecamatan dengan 351 desa. Tiga kecamatan mempunyai wilayah pesisir dan lautan dengan total luas 200,72 kilometer persegi atau sekitar 7,86 persen dari total luas Kabupaten Tasikmalaya.

Bentuk permukaan bumi kabupaten ini punya ketinggian berkisar antara 0-2.500 mdpl. Secara umum, kondisi topografi seturut ketinggiannya terbagi dalam dua bagian. Di bagian utara dengan ketinggian 1.000-2.500 mdpl merupakan wilayah dataran tinggi. Sedangkan, dataran rendah dengan ketinggian antara 0-100 mdpl terhampar di bagian selatan.

Kabupaten Tasikmalaya yang sebagian besar bentang alamnya berupa perbukitan dan pergunungan, memiliki potensi wisata alam yang dapat terus dikembangkan.

Salah satunya adalah objek wisata alam Gunung Galunggung. Gunung berapi dengan ketinggian 2.167 mdpl ini berada sekira 17 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya. Sejauh ini, wisatawan yang berkunjung ke Galunggung masih didominasi wisatawan domestik dengan rata-rata lebih dari 200 ribu pengunjung per tahun.

Selain wisata alam pergunungan, Kabupaten Tasikmalaya juga punya wisata alam pantai di bagian selatan yang mengarah ke Samudera Hindia. Total garis pantai yang dimiliki mencapai 54,5 kilometer dan sebagian memanjang di Pantai Cipatujah. *

Website Pemerintah Kabupaten Tasikmlaya: tasikmalayakab.go.id