Kabupaten Sukabumi

lambang kabupaten sukabumi

BandungKlik – Terletak di barat daya Pulau Jawa, Kabupaten Sukabumi terhampar seluas 4.145,70 kilometer persegi. Di Tatar Pasundan, kabupaten ini adalah wilayah terluas yakni sekira 11,72 persen dari total luas Provinsi Jawa Barat.

Terdiri dari 47 kecamatan yang terbagi atas 364 desa dan 4 kelurahan, pusat pemerintahannya berada di Palabuhanratu. Bagian selatan kabupaten ini memiliki garis pantai sepanjang 117 kilometer, yakni 40 persennya berbatasan dengan Samudera Hindia dan 60 persen dengan daratan.

Selain keragaman budaya, kabupaten ini juga punya bentang alam yang beragam. Di bagian utara permukaan tanahnya bergelombang meliputi pergunungan. Terdapat beberapa puncak gunung yang menjulang seperti Gunung Halimun (1.929 mdpl), Gunung Salak (2.211 mdpl), Gunung Gede (2.958 mdpl) dan Gunung Pangrango (3.019 mdpl).

Sementara di bagian tengah berupa perbukitan dan bergelombang melandai ke arah pesisir dengan ketinggian antara 0-2.969 mdpl di bagian selatan. Keragaman bentang alam ini menjadikan Kabupaten Sukabumi kaya akan potensi wisata alam, mulai dari sungai, gunung, gua, hingga pantai, dan laut.

Pantai Palabuhanratu adalah destinasi wisata terpopuler di wilayah ini dan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain keindahan alamnya, di pantai ini melekat mitos penguasa laut selatan Ratu Kidul.

Lengkapnya potensi alam dan budaya di Kabupaten Sukabumi yang tersebar di wilayah Ciletuh-Palabuhanratu menjadikannya sebagai taman bumi. Dengan pelestarian geodiversity, biodiversity dan cultural diversity, Taman Bumi Ciletuh-Palabuhanratu masuk dalam jaringan Unesco Global Geopark. *

Website Pemerintah Kabupaten Sukabumi: sukabumikab.go.id