Maluku

BandungKlik – Dengan luas wilayah 46.914,03 kilometer persegi, Provinsi Maluku terhampar di bagian selatan Kepulauan Maluku. Kota terbesarnya adalah Ambon sekaligus ibu kota provinsi yang dimekarkan pada 1999 di bagian utara.

Adapun batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Provinsi Maluku Utara

Selatan: Laut Seram dan Samudera Hindia

Timur: Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua

Barat: Provinsi Sulawesi Tenggara dan Provinsi Sulawesi Tengah

Maluku—sebelum kemerdekaan—tercatat sebagai daerah strategis yang menjadi pusat perdagangan rempah dunia. Cengkih dan pala adalah dua rempah yang menjadi komoditi utama saat itu, bahkan sampai saat ini.

Tak mengherankan, kondisi tersebut membuat wilayah ini dijuluki sebagai “Kepulauan Rempah”. Lebih jauh, kekayaan rempah di pulau ini menjadi daya tarik bangsa-bangsa Eropa untuk datang, bahkan menguasainya. Sebut saja antara lain Portugis dan Belanda.

Dalam hal rempah khususnya, rakyat Maluku berdagang dengan para saudagar dari berbagai daerah di Nusantara dan mancanegara, seperti dari Cina, Arab, dan Eropa.

Namun, Maluku tak hanya populer akan rempahnya. Alat musik tradisional macam tifa juga sangat terkenal dan mendunia. Dalam kebudayaan setempat, terdapat pula alat musik petik khas ukulele dan hawaiian seperti dalam kebudayaan Hawaii di Amerika Serikat.

Terlepas dari keragaman alat musiknya, orang Maluku juga terkenal andal dan piawai dalam bernyanyi. Banyak musisi tanah air yang lahir di kepulauan ini, seperti Broery Marantika, Yopie Latul, dan Utha Likumahuwa.

Selain rempah dan kebudayaan, Maluku juga punya potensi wisata alam yang melimpah. Kepulauan Banda, Pantai Ora, dan Pantai Ngurtafur adalah tiga dari sejuta pesona yang tersaji di provinsi rempah ini. Belum lagi dari sisi bangunan cagar budayanya, mengingat Belanda dan Portugis cukup lama menguasangi wilayah ini.

Secara administratif, Provinsi Maluku terdiri dari dua kota dan sembilan kabupaten.

Kota

1. Kota Ambon

2. Kota Tual

Kabupaten

1. Kabupaten Buru

2. Kabupaten Buru Selatan

3. Kabupaten Kepulauan Aru

4. Kabupaten Kepulauan Tanimbar

5. Kabupaten Maluku Barat Daya

6. Kabupaten Maluku Tengah

7. Kabupaten Maluku Tenggara

8. Kabupaten Seram Bagian Barat

9. Kabupaten Seram Bagian Timur

*

Sumber:

 

malukuprov.go.id

maluku.bps.go.id