Bali

lambang provinsi bali

BandungKlik – Provinsi Bali dikenal sebagai Pulau Dewata. Sebagian besar penduduknya beragama Hindu sehingga hampir di setiap wilayah terdapat pura peribadatan. Ada pura yang besar sebagai tempat upacara bersama dan pura kecil di setiap rumah. Oleh karena itu, banyak pula yang menyebutnya Pulau Seribu Pura.

Masyarakatnya menganut falsafah hidup Tri Hita Karana. Falsafah ini memuat tiga unsur pembangun keseimbangan dan keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Tri Hita Karana menjadi sumber kesejahteraan, kedamaian, dan kebahagiaan bagi kehidupan manusia.

Ritual keagamaan yang kuat mempengaruhi hampir setiap unsur kehidupan masyarakatnya. Hal tersebut menjadikan provinsi ini tak hanya punya panorama yang indah tetapi juga kebudayaan yang unik, eksotis, dan terpelihara.

Tak dimungkiri, Pulau Dewata sudah kesohor sebagai destinasi wisata internasional. Maka tak heran, jika wisatawan asing sering kali lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia.

Secara geografis, pulau ini terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok dikelilingi perairan sekaligus menjadi batas wilayahnya, yaitu:

Sebelah utara: Laut Bali

Sebelah selatan: Samudera Hindia

Sebelah barat: Selat Bali

Sebelah timur: Selat Lombok

Dulu, bersama Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor termasuk Provinsi Sunda Kecil. Pada 1958 menjadi provinsi sendiri dengan ibu kota Singaraja dan berpindah ke Denpasar dua tahun kemudian.

Provinsi Bali terdiri dari pulau-pulau. Selain Pulau Bali, ada pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Nusa Penida, Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, dan Pulau Serangan. Keseluruhan, ada sekira 85 pulau termasuk yang tidak berpenghuni.

Pada 2019, luas wilayah provinsi ini mencapai 5.780,06 kilometer persegi. Secara administratif terbagi menjadi 1 kota dan 8 kabupaten.

Kota Denpasar

Kabupaten Badung

Kabupaten Bangli

Kabupaten Buleleng

Kabupaten Gianyar

Kabupaten Jembrana

Kabupaten Karangasem

Kabupaten Klungkung

Kabupaten Tabanan *

 

Website Pemerintah Provinsi Bali: baliprov.go.id

Sumber data: bali.bps.go.id