Bengkulu

BandungKlik – Secara geografis, Provinsi Bengkulu terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera dengan ibu kota di Kota Bengkulu. Menurut bengkulu.bps.go.id, total luas wilayahnya mencapai 19.919,33 kilometer persegi. Adapun batas-batas wilayahnya sebagai berikut.

Utara: Provinsi Sumatera Barat

Selatan: Provinsi Lampung

Barat: Samudera Hindia

Timur: Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Bengkulu punya kekayaan alam yang cukup besar, mulai dari hutan dengan beragam flora langkanya hingga fauna macam gajah dan harimau Sumatera. Bunga Raflesia Arnoldi yang besar adalah salah satu bunga langka yang dapat ditemukan di provinsi ini.

Kekayaan alam yang besar ini pula yang membuat tanah Bengkulu diminati bangsa Eropa khususnya Belanda. Setelah era kerajaan, tanah ini jatuh ke tangan British East India Company (EIC) sejak 1685 dan mendirikan pusat perdagangan lada.

Benteng Marlborough adalah salah satu peninggalan EIC yang dibangun pada 1714 – 1719 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Selain lada, wilayah Provinsi Bengkulu (tepatnya Rejang Lebong) pada pertengahan abad ke-19 hingga abad ke-20 menjadi pusat penambangan emas.

Bagi perjalanan bangsa Indonesia, Bengkulu juga menyimpan sejarah sebagai salah satu tempat pengasingan Bung Karno dan rumah Fatmawati.

Dari ranah seni dan budaya, Bengkulu punya batik besurek, yaitu kain batik yang dihiasi guruf Arab gundul. Batik ini tercatat sebagai warisan budaya dan menambah khazanah budaya Indonesia.

Objek wisata alam di Bumi Raflesia juga cukup beragam dan punya daya tarik tersendiri. Pulau Tikus adalah salah satu andalan pariwisata provinsi ini dan dikenal sebagai pulau kecil yang eksotis.

Secara administratif, Provinsi Bengkulu terdiri dari satu kota dan sembilan kabupaten.

Kota

1. Kota Bengkulu

Kabupaten

1. Kabupaten Bengkulu Tengah

2. Kabupaten Bengkulu Selatan

3. Kabupaten Bengkulu Utara

4. Kabupaten Kaur

5. Kabupaten Kepahiang

6. Kabupaten Lebong

7. Kabupaten Rejang Lebong

8. Kabupaten Mukomuko

9. Kabupaten Seluma. *

 

Sumber:

bengkuluprov.go.id

bengkulu.bps.go.id