Papua Barat

BandungKlik – Papua Barat terletak di ujung barat Pulau Papua—dulu disebut Irian Jaya. Sebagai provinsi, Papua Barat dengan ibu kota di Manokwari dibentuk pada tahun 1999 hasil pemekaran dari Provinsi Papua.

Nama awalnya Provinsi Irian Jaya Barat. Namun, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 Tanggal 18 April 2007, nama provinsi diubah. Papua dan Papua Barat merupakan provinsi yang memperoleh status otonomi khusus.

Secara geografis, provinsi berbentuk mirip kepala burung ini mencakup Semenanjung Domberai, Bomberai, Wandeman, dan Kepulauan Raja Ampat dan kepulauan-kepulauan di sekitarnya.. Luas seluruh wilayahnya mencapai 102.946,15 kilometer persegi.

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara: Samudera Pasifik

Selatan: Laut Banda

Timur: Provinsi Papua

Barat: Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara

Salah satu daerah sekaligus destinasi pariwisata andalan provinsi ini adalah Kepulauan Raja Ampat. Kawasan ini merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan di sebelah barat bagian “kepala burung”.

Kepulauan Raja Ampat saat ini menjadi salah satu destinasi para penyelam yang tertarik akan panorama bawah lautnya. Empat gugusan pulau tersebut adalah Pulau Waigeo, Pulai Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Wisata alam provinsi ini juga terbentang di Taman Nasional Teluk Cenderwasih di Kabupaten Teluk Wondama. Di taman ini terdapat kawasan terumbu karang seluas 80 ribu hektare.

Selain pariwisata, Provinsi Papua Barat memiliki potensi pertanian, pertambangan, dan hasil hutan yang melimpah. Belum lagi tentang budaya lokalnya, termasuk hasil kebudayaan dari Suku Arfak—suku asli provinsi ini. Dari Suku Arfak, lahir sudah salah satu karya budaya berupa senjata busur dan anak panah yang disebut Inyomus.

Secara aministratif, Provinsi Papua Barat mencakup satu kota dan 12 kabupaten.

Kota

1. Kota Sorong

Kabupaten

1. Kabupaten Fakfak

2. Kabupaten Kaimana

3. Kabupaten Manokwari

4. Kabupaten Manokwari Selatan

5. Kabupaten Maybrat

6. Kabupaten Pegunungan Arfak

7. Kabupaten Raja Ampat

8. Kabupaten Sorong

9. Kabupaten Sorong Selatan

10. Kabupaten Tambrauw

11. Kabupaten Teluk Bintuni

12. Kabupaten Teluk Wondama

*

 

Sumber:

papuabaratprov.go.id

papuabarat.bps.go.id