Sulawesi Barat

BandungKlik – Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Secara yuridis, provinsi beribu kota di Kabupaten Mamuju dibentuk pada 5 Oktober 2004. Seturut sulbar.bps.go.id, luas provinsi mencapai 16.787,18 kilometer persegi.

Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut.

Utara: Provinsi Sulawesi Tengah

Selatan: Provinsi Sulawesi Selatan

Barat: Selat Makassar

Timur: Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi termuda kedua di Indonesia setelah Kalimantan Utara punya potensi alam yang melimpah. Daerah ini dikenal sebagai penghasil kakao berkualitas tinggi, kopi robusta dan arabika, kelapa, dan cengkeh. Di sektor pertambangan terdapat kandungan emas, batubara, dan minyak bumi.

Kondisi topografi Provinsi Sulawesi Barat terdiri dari laut dalam, dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan dengan tingkat kesuburan tinggi. Selain itu, letak provinsi cukup strategis, yakni berada di posisi silang segitiga emas Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur.

Letak wilayah provinsi ini juga berhadapan langsung dengan Selat Makassar, yaitu salah satu jalur lalu lintas pelayaran nasional dan internasional. Tentu saja, kondisi ini memberi nilai tambah yang bakal sangat menguntungkan bagi pembangunan sosial dan ekonomi di masa mendatang.

Di samping kekayaan alamnya yang melimpah, Provinsi Sulawesi Barat juga punya destinasi wisata yang mengagumkan terutama wisata bahari.

Pantai Manakarra adalah salah satu destinasi wisata pantai terbaik yang dapat dikunjungi wisatawan. Panorama dan pesonanya tak kalah dengan pantai-pantai terbaik lainnya di Indonesia timur. Pantai Lombang-Lombang, Pantai Palippis, Pantai Dato, Pantai Mampie, Pantai Gonda, dan Pantai Labuang yang terhampar juga layak dikunjungi.

Selain pantai, keindahan provinsi ini tercermin dalam wisata pegununan, flora dan fauna, seni budaya, sejarah dan kuliner dengan total lebih dari 100 atraksi.

Secara administratif, Provinsi Sulawesi Barat yang terhampar di tepi pesisir ini terdiri dari enam kabupaten sebagai berikut.

1. Kabupaten Majene

2. Kabupaten Mamasa

3. Kabupaten Mamuju

4. Kabupaten Mamuju Tengah

5. Kabupaten Pasangkayu

6. Kabupaten Polewali Mandar.*

 

Sumber:

sulbarprov.go.id

sulbar.bps.go.id