Berikut 4 Makanan Sehat Pengganti Nasi

Makanan pengganti nasi
Kentang, salah satu makanan pengganti nasi. (dok. Halodoc)

 

BandungKlik – Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, bahkan sampai ada pepatah di masyarakat yang menyebutkan, “belum makan nasi artinya belum makan”. Namun ada beberapa kondisi saat seseorang harus membatasi asupan nasi, misalnya pengidap diabetes. Sehingga dibutuhkan makanan sehat lain pengganti nasi.

Seperti sudah diketahui, nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Selain membuat kenyang, ternyata nasi juga bisa menyumbang peningkatan kadar gula darah. Maka dari itu, pengidap diabetes menjadi kelompok yang dianjurkan membatasi makan nasi. Kemudian orang yang tengah menjalani diet juga kebanyakan membatasi asupan nasi harian.

Di Indonesia sendiri sebenarnya banyak bahan makanan sebagai alternatif pengganti nasi dan mudah ditemukan. Apalagi beberapa bahan makanan tersebut diketahui mempunyai kandungan gizi yang tak kalah dengan nasi.

Berikut ini ada 4 jenis makanan sehat pengganti nasi yang juga mengnadung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Dikutip dari laman Halodoc.

Kentang

Makanan ini sering diandalkan dan dikenal sebagai makanan pengganti nasi. Kentang sama juga mengandung karbohidrat, namun memiliki lebih banyak nutrisi penting. Dalam satu buah kentang, terkandung vitamin B6, C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Kentang pun memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Rutin mengonsumsi kentang juga bisa memberi rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan. Sehingga bisa membantu mengontrol berat badan, bahkan menurunkan berat badan.

Jagung

Makanan pengganti nasi berikutnya ada jagung yang juga sudah populer di masyarakat Indonesia. Bahan ini ternyata bisa menyumbang sejumlah nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Di dalamnya terkandung vitamin B1, B3, B5, dan B9 (folat). Juga kaya akan kandungan serat, magnesium, vitamin C, dan fosfor.

Ubi

Ubi juga bisa menjadi alternatif pengganti nasi. Di Indonesia sendiri ubi banyak diolah dalam berbagai cara, seperti direbus, dikukus, atau digoreng. Bisa juga dicampur dengan bahan makanan lainnya.

Di dalamnya terkandung beragam nutrisi, mulai dari beta-karoten, vitamin A, B6, C, kalium, dan serat yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, ubi bisa membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, hingga kesehatan jantung.

Singkong

Di negeri kita ini, rasanya tidak sulit untuk mendapatkan singkong. Di samping rasanya yang enak, singkong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan gizinya hampir sama dengan kentang. Namun, singkong mengandung zat kimia glikosida sianogen yang dapat melepaskan sianida dalam tubuh. Untuk lebih aman dikonsumsi, pastikan singkong dibersihkan terlebih dahulu dengan benar. Hal ini penting sebagai upaya mencegah keracunan sianida.

Silakan baca: Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Itulah 4 jenis makanan yang bisa dicoba sebagai alternatif pengganti nasi. Namun alangkah lebih baik, saat mengganti nasi dengan jenis makanan di atas dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi. Terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu.*