Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

cengkeh
Cengkeh—Syzygium aromaticum, kaya manfaat bagi kesehatan dan telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun. (Irwan Akhmad/Bandung Klik) *

 

BandungKlik – Cengkeh—kuncup bunga dari pohon cengkeh, dikenal sebagai bumbu manis dan aromatik. Tumbuhan bernama Latin Syzygium aromaticum ini juga telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun.

Rempah-rempah ini mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Dikutip dari healthline.com, berikut 5 manfaat cengkeh yang paling mengesankan bagi kesehatan:

1. Membantu mencegah kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam cengkeh dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Studi tabung reaksi lain mengamati hal serupa, yakni menunjukkan jumlah minyak cengkeh yang terkonsentrasi menyebabkan kematian sel pada 80 persen sel kanker esofagus. Eugenol yang ditemukan dalam rempah ini terbukti memiliki sifat antikanker.

2. Dapat membunuh bakteri

Cengkeh juga terbukti memiliki sifat antimikroba. Artinya, dapat membantu menghentikan mikroorganisme seperti bakteri. Suatu penelitian tabung reaksi menunjukkan, minyak atsiri yang dihasilkannya mampu membunuh tiga bakteri yang umum termasuk E.coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

3. Meningkatkan kesehatan hati

Satu penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen eugenol selama satu pekan dapat menurunkan kadar glutathione-S-transferases (GSTs) yakni keluarga enzim yang terlibat dalam detoksifikasi yang sering menjadi penanda penyakit hati. Mengandung antioksidan yang tinggi, rempah asli Indonesia ini juga dapat membantu mencegah penyakit hati karena kemampuannya membantu mengurangi stres oksidatif.

4. Membantu mengatur gula darah

Senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. Ekstrak yang dihasilkannya dan nigericin dapat meningkatkan pengambilan gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

5. Mengurangi sakit mag

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam cengkeh bisa membantu mengobati sakit mag atau lambung. Minyak atsiri yang dihasilkannya terbukti meningkatkan produksi lendir lambung. Fungsinya sebagai penahan dan membantu mencegah erosi lapisan lambung akibat asam pencernaan.

Cobalah mencampurkan cengkeh bubuk ke dalam hidangan untuk menambah rasa dan aroma. Anda juga bisa merebus komoditi unggulan ini utuh dalam air mendidih selama 5 – 10 menit untuk membuat secangkir teh yang menenangkan.

Silakan baca:

Penting, Ini 5 Buah Bergizi untuk Ibu Hamil