Terbukti, Ini 9 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

manfaat alpukat
Buah alpukat kaya nutrisi termasuk vitamin dan mineral. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Alpukat terbilang buah yang unik. Meskipun sebagian besar kandungannya terdiri dari karbohidrat, buah ini mengandung lemak sehat yang tinggi. Dikutip dari healthline, berikut 9 manfaat alpukat bagi kesehatan:

1. Sangat bergizi

Buah ini mengandung beragam nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Dari nilai harian (DV), dalam 100 gram terdiri dari vitamin K yakni 26%. Selain itu, mengandung folat 20%, vitamin C 17%, kalium 14%, vitamin B5 14%, vitamin B6 13% dan vitamin E 10%.

2. Sarat asam lemak tak jenuh

Alpukat dan minyak alpukat kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal. Yaitu, asam lemak penyehat jantung.

3. Banyak mengandung serat

Buah bernama latin Persea americana ini kaya serat yakni sekitar 7% dan dapat meningkatkan kesehatan metabolisme.

4. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Mengkonsumsi buah super ini dapat menurunkan trigliserida darah hingga 20%. Selain itu, menurunkan kolesterol buruk (LDL) hingga 22% dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) hingga 11%.

5. Orang yang mengkonsumsi alpukat cenderung lebih sehat

Suatu studi mengamati kebiasaan makan dan kesehatan orang yang makan alpukat. Survei NHANES di Amerika Serikat menganalisis data dari 17.567 peserta. Ternyata, konsumen alpukat jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini.

6. Kandungan lemaknya membantu Anda menyerap nutrisi

Satu studi menunjukkan, menambahkan minyak atau buah alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat.

7. Melindungi mata

Buah dengan daging kuning kehijauan ini mengandung antioksidan tinggi termasuk lutien dan zeaxanthin. Nutrisi ini penting untuk kesehatan mata dan menurunkan risiko degenerasi katarak.

8. Membantu mencegah kanker

Beberapa penelitian tabung reaksi menunjukkan, nutrisi dalam alpukat bermanfaat mencegah kanker prostat dan menurunkan efek samping kemoterapi.

9. Menurunkan berat badan

Buah berserat tinggi dan rendah karbohidrat ini membantu menurunkan berat badan karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori. *

Silakan baca:

Mengesankan, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan