BandungKlik – Nanas dikenal sebagai buah tropis yang mengandung nutrisi dan senyawa yang bermanfaat, seperti vitamin C, mangan, dan enzim. Buah bernama ilmiah Ananas comosus biasanya dikonsumsi dengan cara dipotong lalu dimakan segar.

Mengutif dari healthline, berikut tujuh manfaat teratas buah nanas.

1. Bergizi tinggi

Buah ini rendah kalori, tapi bergizi tinggi. Hanya satu cangkir (165 gram) potongan nanas mengandung nutrisi: kalori 82,5 kkal, lemak 0,198 gram, dan protein 0,891 gram. Kandungan lainnya karbohidrat 21,6 gram, serat 2,31 gram, vitamin C 78,9 mg dan 88% dari nilai harian (DV). Selain itu, mangan 1,53 mg atau 109% dari DV (untuk wanita) dan 2,3 mg atau 66% dari DV (untuk pria).

Nanas juga mengandung vitamin B6 0,185 mg, tembaga 0,181 mg, tiamin 0,13 mg, folat 29,7 mcg,  dan kalium 180 mg. Lainnya adalah magnesium 19,8 mg, niasin 0,825 mg, asam pantotenat 0,351 mg, roboflavin 0,053 mg, dan besi 0,478 mg. kandungan lainnya dalam jumlah kecil adalah fosfor, seng, kalsium, dan vitamin A dan vitamin K.

2. Mengandung antioksidan

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang disebut flavonoid dan senyawa fenolik. Antioksidan di dalamnya kemungkinan memiliki efek perlindungan pada jantung.

3. Dapat membantu pencernaan

Buah ini mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan daging. Bromelain memecah molekul protein, artinya usus kecil akan lebih mudah menyerapnya dan ini sangat membantu penderita insufisiensi pankreas.

4. Dapat mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian mencatat, nanas dan senyawanya termasuk bromelain dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

5. Meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

Orang yang mengonsumsi nanas memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi virus dan bakteri. Sebab, buah berwarna kuning ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan enzim yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan.

6. Meringankan gejala radang sendi

Sifat antiinflamasi bromelain dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. Dalam sebuah studi, suplemen bromelain sama efektifnya dalam meredakan osteoartritis di punggung bawah seperti pengobatan nyeri biasa.

7. Mempercepat pemulihan pascaoperasi atau olahraga berat

Sejumlah penelitian menunjukkan, bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan nyeri yang sering terjadi pascaoperasi, termasuk prosedur gigi dan kulit. Selain itu, bromelain juga dapat mempercepat pemulihan otot setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.*

Silakan baca:

Buah Belimbing, Apakah Baik untuk Anda?