Ini Bahan Alami Untuk Hilangkan Ketombe

Bahan alami hilangkan ketombe
Ketombe (dok. houseofwellness)

 

BandungKlik – Pengobatan untuk menghilangkan ketombe ternyata bisa dilakukan secara alami. Caranya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Meski banyak produk yang dijual bebas yang dibuat untuk mengatasi ketombe, namun dengan bahan alami hilangkan ketombe akan lebih efektif.

Seperti diketahui, ketombe sangat mengganggu untuk kepala kita. Gara-gara ketombe, kulit kepala bisa menjadi gatal dan mengelupas. Selain itu, juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti bercak berminyak di kulit kepala dan kulit kesemutan.

Ketombe bisa disebabkan beberapa faktor. Antara lain kulit yang teriritasi dan berminyak, jarang keramas, kulit kering, sensitivitas terhadap produk perawatan rambut, serta mengalami kondisi kulit lainnya seperti psoriasis dan eksim.

Berikut ini ada 5 bahan alami hilangkan ketombe yang sangat mengganggu kesehatan kulit kepala.

Minyak Pohon Teh

Sejak dulu, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit, mulai dari jerawat hingga psoriasis. Bahan ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Sifat tersebut dapat membantu meringankan gejala ketombe.

Minyak pohon teh juga efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe. Namun perlu diingat, minyak pohon teh dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala sensitif. Cara terbaik, yakni dengan mengencerkannya. Kemudian menambahkan beberapa tetes ke minyak pembawa, seperti minyak kelapa sebelum mengoleskannya langsung ke kulit kepala.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal berbagai manfaat kesehatannya. Manfaat utamanya dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Manfaat lainnya dapat membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe. Minyak kelapa dan senyawanya juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dalam beberapa penelitian tabung reaksi.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan sejenis sukulen yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik, dan lotion. Saat dioleskan ke kulit, lidah buaya dipercaya dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis, dan luka dingin.

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sehingga dapat juga membantu mengurangi peradangan dan gejala ketombe.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Bahan ini juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman pada cuka dipercaya dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Bahan tersebut, juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe. Jika Anda ingin mencobanya, bisa tambahkan beberapa sendok makan ke sampo atau gabungkan dengan minyak esensial lain dan semprotkan langsung ke rambut.

Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik merupakan jenis bakteri menguntungkan yang baik untuk kesehatan. Banyak manfaat probiotik potensial, termasuk perlindungan terhadap alergi, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan yang dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe. Probiotik telah terbukti membantu mengurangi gejala kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis, terutama pada bayi dan anak-anak.

Silakan baca: Berendam di Kolam Air Panas Alami, Ini Manfaatnya!

Jenis bakteri ini tersedia dalam bentuk suplemen untuk dosis yang cepat dan nyaman. Namun bisa juga ditemukan di berbagai jenis makanan fermentasi, seperti kombucha, kimchi, tempe, dan lainnya.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa mengurangi dan meredakan masalah ketombe di kepala. Gunakan bahan alami ini secara mandiri atau pasangkan dengan produk lain, seperti sampo anti ketombe untuk memaksimalkan efektivitas pengobatan.*

Sumber: healthline