Penting, Ini 5 Buah Bergizi untuk Ibu Hamil

Buah sehat ibu hamil
Alpukat dan apel termasuk buah-buahan kaya nutrisi penting bagi ibu hamil. (Irwan Akhmad/Bandung Klik).*

 

BandungKlik – Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi janin bergantung pada sang ibu. Itulah mengapa pada fase ini penting menentukan pilihan makanan terbaik untuknya—dan tentunya bagi ibu. Ibu hamil penting untuk mengkonsumsi makanan seimbang yang mencakup sayuran dan buah agar tetap bugar dan sehat.

Buah dan sayuran penuh dengan nutrisi. Andaikata menambahkan variasi ke dalam makanan, kemungkinan besar akan beroleh sebagian besar vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan Anda dan janin. Makan buah dan sayuran dapat membantu mencegah sembelit yakni gejala umum selama kehamilan.

Jika sedang hamil mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Namun begitu, cobalah untuk tidak membuat kebiasaan menyantap sepotong kue atau permen. Buah adalah solusi yang tepat. Bisa saja buah-buahan dinikmati dalam salad, smoothies, yoghurt atau sebagai camilan.

Berikut 5 buah bergizi untuk ibu hamil sebagaimana dikutip dari healthline.com :

1. Jeruk

Buah ini membantu Anda tetap terhidrasi. Jeruk merupakan sumber folat atau asam folat yakni vitamin B yang penting untuk mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang (neural tube defect). Selain itu, jeruk kaya akan vitamin C sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan membantu menyerap zat besi.

2. Alpukat

Alpukat punya lebih banyak folat ketimbang buah lainnya. Buah ini juga sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium. Sebagian ibu hamil mengatakan alpukat dapat membantu meredakan mual, kemungkinan karena kandungan kalium dan magnesium dalam buah ini.

3. Pisang

Selain sebagai sumber kalium terpercaya, pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Research from 2014 menunjukkan, vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

4. Berry

Buah beri semisal stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, folat, fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin. Penting untuk mengkonsumsi sebagian besar karbohidrat kompleks padat nutrisi seperti buah beri, bukan karbohidrat sederhana yang diproses seperti kue, donat dan kue kering.

5. Apel

Apel kaya akan serat dan sumber vitamin C, vitamin A, potasium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik pada usus. Saat mengkonsumsi apel dengan kulitnya, pastikan untuk membilasnya dengan banyak air terlebih dahulu. *

Silakan baca:

Fantastis, Harga iPhone 12 Pro Max Bisa Buat DP Rumah