Yunani Rayu Wisatawan Asing Jelang “Musim Turis”

pariwisata kuil yunani
Wisatawan mengunjungi Kuil Parthenon di Athena Yunani. (dok. reuters).*

 

BandungKlik – Yunani merayu wisatawan asing menjelang pembukaan kembali “musim turis” dalam waktu dekat. Pihak otoritas mengumumkan kampanye promosi pariwisata jutaan euro pada Kamis (13/5/2021).

Seperti dikutip Reuters, tujuan dari promo besar tersebut adalah menyelamatkan sektor ekonomi terpenting daripada kehilangan liburan musim panas kedua akibat Covid-19.

“Kami membuka industri pariwisata kami kepada dunia,” kata Menteri Pariwisata Haris Theoharis pada konferensi pers di luar ruangan di depan latar belakang Kuil Poseidon di Cape Sounion, Athena.

Serangkaian video promosi yang mengungkapkan “Yang Anda inginkan adalah Yunani” akan ditayangkan di pasar-pasar utama. Konten video tersebut mencakup pantai-pantai indah hingga situs bersejarah.

Tak dimungkiri, musim panas akan menjadi penting bagi peluang Yunani untuk menggerakkan ekonomi agar bisa keluar dari krisis virus corona. Hal ini tak lepas dari adanya penurunan sebesar 8 persen dalam PDB tahun lalu. Pembatasan karena virus itu telah melumpuhkan sektor wisata vital di negara para filsuf.

Wisatawan mancanegara dari negara-negara di Uni Eropa serta negara lain termasuk Inggris dan Amerika Serikat juga akan diizinkan berkunjung. Syaratnya mereka telah divaksinasi atau dapat menunjukkan hasil tes Covid-19.

Sektor yang menyumbang sekira seperlima dari pengeluaran Yunani mengalami penurunan paling parah dalam catatan tahun lalu. Yaitu pendapatan turun menjadi 4 miliar euro, kurang dari seperempat dari 18 miliar yang diraih pada 2019.

Pastinya angka pendapatan memang belum terdata semua. Akan tetapi, Theoharis menolak menetapkan target pendapatan turis. Ia hanya mengatakan “ini akan lebih baik dari tahun lalu.”

Wisatawan yang hendak kembali ke Jerman dan Inggris masih harus dikarantina, kata Theoharis. Ini berarti jumlah pengunjung dari dua pasar utama Yunani akan dibatasi saat ini. Theoharis juga mengatakan minggu ini dia optimistis Inggris bakal segera menempatkan Yunani dalam daftar hijau. *

Silakan baca: Tujuh Keajaiban Dunia yang Berjaya pada Zaman Kuno