BandungKlik – Tak lengkap rasanya mudik atau melancong ke Bandung pulang tanpa membawa oleh-oleh makanan khas yang yummy. Terlebih, Bandung dikenal sebagai kota yang menyajikan beragam kuliner yang memanjakan lidah.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Bandung untuk dibawa pulang kampung.

Peuyeum dan olahannya

Peuyeum Bandung memang termasyhur sejak dulu. Penganan ini terbuat dari singkong yang difermentasi dengan ragi sehingga menghasilkan rasa manis dan asam yang khas. Tak hanya dimakan langsung, peuyeum juga dapat dihidangkan dalam berbagai olahan. Misalnya, colenak.

Selain di seputar terminal, peuyeum dapat diperoleh di kawasan Jalan Cihampelas dan tempat oleh-oleh Bandung.

Batagor

Akronim kuliner khas Bandung ini adalah bakso tahu goreng. Batagor dibuat dengan mengadaptasi paduan gaya Indonesia-Tionghoa dan kini sudah dikenal di berbagai pelosok Nusantara. Sebenarnya, adonan makanan ini terbuat dari daging ikan tenggiri sehingga menghadirkan cita rasa yang khas. Siomay kering adalah teman sejatinya.

Di samping kedai dan restoran, kenyataannya batagor banyak dijual menggunakan gerobak atau kaki lima. Jika hendak dibawa pulang dan dimakan nanti, bumbu batagor sebaiknya dikemas terpisah. Wisatawan bisa menemukan batagor di banyak tempat, termasuk di Batagor Isan, Batagor Riri, dan Batagor Kingsley.

Tempe goreng

Inilah gorengan renyah dan gurih yang legendaris. Tempe goreng merupakan camilan paling favorit wisatawan yang datang ke Bandung. Penganan dari bahan dasar tempe ini mudah diperoleh dengan harga terjangkau.

Selain di terminal, tempe goreng dapat ditemukan di tempat oleh-oleh, seperti di kawasan Jalan Cihampelas, Pasar Baru, dan Pasar Kosambi. Di beberapa kedai di kawasan terminal, bahkan kita dapat membeli goreng tempe yang baru digoreng dan belum dikemas.

Kue-kue/ Pastry

Ada banyak sajian kue yang terkenal dan sering kali diburu sebagai oleh-oleh wisatawan yang berlibur ke Bandung. Sebut saja antara lain kue sus, brownies, pisang bolen, olahan bolu, roti, kue-kue kekinian, dan masih banyak lagi.

Kue termasuk pilihan tepat untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Selain mudah diperoleh, kue-kue ini juga tahan cukup lama. Wisatawan bisa mendapatkannya di Soes Merdeka, Kartika Sari, Primarasa, Amanda Brownies, Bandung Makuta, Bandung Kunafe, dan Bolu Susu Lembang. *

Silakan baca: 

Jabar Tetapkan 5 Kuliner Warisan Budaya Tak Benda