BandungKlik – Tahun ini memasuki endemi The Papandayan Jazz Fest (TPJF) kembali diselenggarakan secara offline/live, mulai tanggal 28 hingga 29 oktober 2022. Setelah tahun lalu berlangsung secara online mengikuti peraturan pemerintah setempat dalam pelaksanaan event.

TPJF sendiri merupakan festival musik jazz yang diadakan setiap tahun pada bulan Oktober sejak tahun 2015. Penyelenggaranya The Papandayan & Media Group dan bertempat di Hotel The Papandayan Bandung.

Usai sukses mempersembahkan The Papandayan Jazz Fest (TPJF) selama 8 tahun terakhir, TP Jazz Management kembali menghadirkan TPJF ke-7. Dengan konsep yang tentunya lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sudah lebih dari puluhan musisi tanah akan tampil pada 4 stage yang berbeda selama tiga hari berturut-turut. Serta menghadirkan berbagai acara yang memperkaya nilai-nilai dunia musik jazz di tanah air.

Festival jazz ini sudah dibuka oleh Road to TPJF 2022 pada 8 Oktober 2022 lalu dengan kemeriahan dari penampilan Jasper Blom Quartet dan pemenang The Papandayan Online Jazz Competition (TPJC) 2021 Kelapa Muda.

Silakan baca: 4 Hotel Kapsul di Kota Bandung Pas Buat Backpacker

Jasper Blom merupakan pemain saksofon tenor terkemuka dari kancah Jazz Belanda. Pada Road to TPJF 2022 Jasper Blom bermain bersama tiga musisi jazz Belanda, yakni Reinier Baas, Glenn Gaddum Jr, dan Jamie Peet.

Musisi di The Papandayan Jazz Fest 2022

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini The Papandayan Jazz Fest menggelar TPJF – Pre Fest pada 28 Oktober 2022 yang merupakan program “warming up” dan “melting pot” para musisi. Sebelum mereka tampil pada tanggal 29 dan 30 Oktober 2022.

TPJF – Pre Fest akan menampilkan Batavia Collective, musisi afrosentris asal Jakarta yang terdiri dari Elfa Zulham pada drum, Doni Joesran pada keyboard, dan Kenny Gabriel pada bass synth. Akan ada pula penampilan dari pemenang favorit TPJC 2021 Jazziner dan TPJazzCotheQue oleh DJ Eq dan DJ Leno Rei.

Di empat panggung tersebut, line up musisi yang akan tampil pada The Papandayan Jazz Fest 2022, di antaranya Rendy Pandugo, Rizky Febian, Teddy Aditya, Cakra Khan. Lalu Dwiki Dharmawan, Oela Pattiselano, Agis Kania, The Groove & Rieka Roslan, Andre Dinuth, Kuba Skowronski. Serta pemenang-pemenang TPJF 2021 dan masih banyak yang lainnya.

Konferensi Pers The Papandayan Jazz Fest 2022

Saat sesi konferensi pers, Bobby Renaldi, Founder TP Jazz Management menyampaikan, penyelenggaraan TPJF ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan para musisi. Serta menjadi ajang apresiasi dan kreativitas para musisi jazz. Juga menjadi program destinasi wisata musik di Kota Bandung hingga menjadi salah satu agenda event musik nasional.

Silakan baca: Keuken van Elsje, Restoran Ala Belanda di Bandung

Turut hadir dalam konferensi pers The Papandayan Jazz Fest 2022, Eq Puradiredja selaku Festival & Production Consultants TP Jazz. Ia mengatakan bahwa TP Jazz bukan hanya menggelar festivalnya saja. Namun mengakomodasi dan memfasilitasi seluruh kegiatan jazz.

Mulai dari edukasi, jazz club, program mingguan, sampai kompetisi. Sehingga menjadikan TP Jazz sebuah ekosistem yang mendukung tumbuh kembangnya musik jazz khususnya di Kota Bandung.* (rls)