BandungKlik – Festival Sekala Bekhak kembali digelar tahun ini di Lampung Barat. Selain terkenal dengan panorama pantainya yang indah, Lampung juga memiliki beragam budaya yang memesona termasuk di Lampung Barat.

Namun, sudah pernahkah Anda mendengar The Origin of Lampung? Ya, tepatnya di Lampung Barat ternyata ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sekala Bekhak. Kerajaan ini dipercaya sebagai leluhur asli Lampung.

Berlakunya hierarki adat sampai saat ini dan peninggalan sejarah yang tersimpan di Lampung Barat menjadi buktinya. Adat dan tradisi Kerajaan Sekala Bekhak masih melekat dan terjaga autentik. Di sana, pagelaran adat dan budaya sering diadakan, salah satunya dalam event Festival Sekala Bekhak 2022.

Agenda tahunan Festival Sekala Bekhak mengusung beragam keunikan Kerajaan Sekala Bekhak. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke-8. Festival Sekala Bekhak 2022 antara lain akan diisi dengan:

  • Festival Orkes Gambus Tradisional Lampung
  • Festival Lomba Budaya Nyambai
  • Lomba Foto dan Video Pariwisata dan Budaya
  • Tari Sekura Ngelimuk
  • Fashion Show Ethnic Sekala Berkhak
  • Pameran UMKM & Ekraf Bumi Sekala Bekhak
  • Persembahan Musik Gambus “Kelasa” Lampung

Rangkaian acara ini akan berlangsung pada 10 – 13 Juli 2022 di Lapangan Merdeka, Kota Liwa, Lampung Barat.

Tema yang diusung dalam festival tahun ini adalah “Menikmati Alam dan Budaya Bumi Sekala Bekhak, Pariwisata Bangkit, Tumbuh Bersama Menuju Pariwisata Hebat.” Adapun tujuan penyelenggaraannya memperkenalkan pariwisata dan seni budaya Lampung lebih luas lagi.

Kerajaan Sekala Bekhak

Sebagai salah satu lambang peradaban kebudayaan Lampung, Kerajaan Sekala Bekhak berada di kaki Gunung Pesagi. Ini menjadi saksi terbaginya Lampung ke dalam empat bagian wilayah atau daerah. Daerah tersebut masing-masing dipimpin oleh seseorang dengan gelar Umpu Bejalan Di Way, Umpu Belunguh, Umpu Nyerupa, dan Umpu Pernong.

Memiliki daerah, rakyat, dan adat istiadat masing-masing, keempat umpu tersebut sangat berjasa dalam penyebaran Islam di Provinsi Lampung. *

Silakan baca:

Menengok Arsitektur Unik Rumah Adat Lampung

Menjelajah Lampung Lewat Koleksi Museum