BandungKlik – Grand Prix (GP) of Indonesia segera digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan menyajikan balapan MotoGP, Moto2, dan Moto3. Namun, masih banyak yang belum tahu apa perbedaan ketiganya.

Akhir pekan ini tepatnya 18 – 20 Maret 2022, para pembalap motor dunia bakal unjuk gigi di lintasan sirkuit baru yang mengesankan. Mereka akan bersaing menjadi yang tercepat dan terdepan di hadapan ribuan pasang mata di tribun penonton dan jutaan pemirsa di seluruh dunia.

Race time seri kedua ini bakal dibuka balapan Moto3, lalu Moto2, dan MotoGP pada Ahad, 20 Maret. Moto 3 adalah kejuaraan dunia kelas paling rendah sekaligus sebagai permulaan bagi para pembalap yang kelak tampil di MotoGP. Kejuaraan ini mulai dilombakan pada musim 2012.

Sementara itu, Moto2 merupakan kejuaraan dunia kelas menengah di antara Moto3 dan MotoGP. Kejuaraan Moto2 mulai dilombakan pada musim 2010.

Perbedaan antara Moto3, Moto3, dan MotoGP terletak pada beberapa aspek. Berikut penjelasan singkatnya, dikutip dari akun resmi Twitter MotoGP yang diunggah pada 1 Mei 2019.

Mesin

Perbedaan pertama ketiga jenis kejuaraan ini terletak pada mesin. Kapasitas mesin Moto3 adalah 250cc dengan 1 silinder, Moto2 765cc dengan Triumph 3 silinder dan MotoGP 1.000cc dengan 4 silinder. Untuk Moto3 dan MotoGP menggunakan mesin protipe yang khusus dirancang untuk kejuaraan ini, sedangkan Moto2 berbasis production official engine.

Tenaga

Oleh karena kapasitas mesin berbeda maka tenaga dan kecepatan pun akan berbeda pula. Moto3 turun ke lintasan dengan berbekal tenaga 60 hp (horse power). Horse power adalah istilah yang merujuk pada satuan tenaga kuda dan berarti tenaga yang dikeluarkan oleh mesin agar mampu mencapai kecepatan tertinggi.

Moto2 memiliki tenaga yang lebih besar dua kali dari Moto3, yakni 140 hp, sedangkan MotoGP melesat dengan berbekal tenaga 250 hp.

Kecepatan

Para pembalap Moto3 bisa memacu motornya hingga mencapai kecepatan tertinggi (top speed) lebih dari 245 km/jam, sedangkan Moto2 lebih dari 295 km/jam. Sementara para pembalap MotoGp bisa melesat di lintasan hingga mencapai top speed lebih dari 350 km/jam.

Bobot

Perbedaan keempat ada pada bobot masing-masing motor. Untuk Moto3 bobot minimum motor dan pembalap 152 kg, sedangkan Moto2 bobot motor dan pembalap 217 kg. Sementara itu, bobot motor untuk MotoGP 157 kg tanpa pembalap alias bobot pembalap tidak diperhitungkan. *

Silakan baca: 

Jadwal Lengkap MotoGP Mandalika 17 – 20 Maret 2022

Catat! Agenda MotoGP 2022, dari Qatar hingga Spanyol