Yuk Ikuti FoodStartup Indonesia! Berikut Info Lengkapnya

Foodstartup Indonesia
Foodstartup Indonesia. (shutterstock ODUA Images via Kemenparekraf)

 

BandungKlik – Bagi Anda pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di bidang kuliner yang baru merintis, ikutilah ajang FoodStartup Indonesia (FSI) yang diselenggarakan Kemenparekraf. FSI merupakan sebuah platform daring yang mengurasi pelaku ekraf di bidang kuliner.

Tujuannya menghubungkan pengusaha rintisan (startup) di bidang kuliner dengan ekosistem yang terintegrasi. Ekosistem ini merujuk pada suatu jaringan ekraf kuliner, yakni pemerintah, mentor bisnis, permodalan, supplier, investor, hingga pemasaran.

Program FSI sendiri pertama kali dilaksanakan pada 2016 oleh Kemenparekraf bersama Foodlab. Sedangkan pada 2020 diselenggarakan Kemenparekraf bekerjasama dengan Ultra. Kolaborasi ini terus berlanjut hingga 2021, karena keberhasilan FSI untuk percepatan pertumbuhan ekonomi kreatif akan menjadi kunci pemulihan pascapandemi.

Tahun ini pendaftaran FSI akan dimulai pada Mei hingga Juni 2021. Bagi pelaku ekraf yang tertarik mengikuti ajang tersebut, wajib mengikuti sejumlah persyaratan. Informasi dan pendaftaran bisa mengakses situs www.foodstartupindonesia.com.

Kriteria pesertanya, antara lain pelaku ekraf kuliner yang telah memiliki produk, merek, bisnis berjalan, dan sejarah transaksi yang dapat ditunjukkan pada panitia. Peserta yang diwajibkan ikut, yaitu founder dan co-founder, tidak boleh diwakilkan.

Nantinya akan dipilih 100 pelaku ekraf kuliner melalui proses kurasi yang dilakukan tim juri. Hasil kurasi akan diumumkan pada Juni 2021. Bagi yang dinyatakan lolos kurasi, akan mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan Demoday FoodStartup Indonesia pada September 2021 yang akan digelar di Yogyakarta.

Demoday FSI merupakan forum mentoring dan pitching bagi pelaku usaha kuliner yang terpilih. Peserta yang lolos tahap ini akan mendapatkan berbagai fasilitas pendampingan, mulai dari direct mentoring, business coaching, mendapatkan akses permodalan, sekaligus akses pemasaran.

Berikut Syarat Peserta FoodStartup Indonesia 2021

  • Pelaku ekraf subsektor kuliner dengan badan usaha yang mencatatkan pendapatan dan masuk pada kategori Early Stage & High Growth.
  • Pelaku ekraf dengan produk/jasa yang dapat dikembangkan dengan peningkatan kapasitas produksi, peningkatan pemasaran, dan atau kemitraan.
  • Peserta ekraf yang mempunyai inovasi/disrupsi dalam bidang kesehatan, kesegaran, dan keamanan pangan untuk konsumen akhir.
  • Peserta ekraf yang mempunyai bisnis model yang menjamin pemanfaatan dan keberlangsungan serta efisiensi dalam penggunaan sumber daya alam maupun manusia.
  • Pelaku ekraf pada level High Growth wajib mengikuti proses due diligence dengan benar hingga akhir, termasuk memberikan semua data yang dibutuhkan investor melalui Kemenparekraf/Baparekraf.
  • Peserta ekraf wajib mempunyai perencanaan investasi, strategi penggunaan dana, proyeksi keuntungan dan sistem kerjasama yang menguntungkan sesuai dengan ketertarikan dan penilaian dari investor.
  • Peserta ekraf wajib mengumpulkan factsheets, pitch deck, dan semua dokumen yang diperlukan dalam proses due diligence tanpa terkecuali.

Silakan baca: Bandung Masuk “Kota Makanan Tradisional Terbaik Dunia”

Pelaksanaan ajang FSI juga dibagi ke dalam dua kategori peserta, yaitu:

Kategori Early Stage

Permodalan, Sinergi, Konektivitas: Membutuhkan permodalan maksimal Rp500.000.000 atau membutuhkan sinergi/jejaring/pengetahuan dalam menjalankan usahanya.

Revenue: Memiliki badan usaha yang sudah berjalan dan mencatatkan pendapatan tahunan minimal Rp300.000.000 dalam 12 bulan terakhir.

Kategori High Growth

Permodalan, Sinergi, Konektivitas: Membutuhkan pembiayaan atau permodalan maksimal Rp10.000.000.000, atau peserta ekraf dengan fokus plant based yang membutuhkan pembiayaan atau permodalan hingga US$20,000 dengan valuasi maksimum US$100,000.

Revenue: Peserta ekraf atau alumni FSI telah memiliki badan usaha yang sudah berjalan dan mencatatkan pendapatan tahunan minimal Rp500.000.000 dalam 12 bulan terakhir.

 

Sumber: kemenparekraf.go.id