Wright Flyer, Pesawat Pertama di Dunia Terbang Sempurna

pesawat wright
Penerbangan pesawat pertama Wright bersaudara, dikendalikan Orville. (airandspace.si.edu.).*

 

BandungKlik – Pesawat perdana di dunia terbang sempurna untuk pertama kali, hari ini 17 Desember 1903. Inilah tahun paling bersejarah bagi Wright bersaudara.

Tinta emas ditorehkan Wilbur dan Orville Wright di dunia kedirgantaraan. Bersemangat atas keberhasilan glider 1902 yang mereka bangun, mereka tak lantas puas atas pencapaian itu. Mereka terus menambah wawasan dan pengetahuan aeronautika yang kian berkembang.

Selama musim semi dan musim panas 1903, mereka melompati rintangan yang terbentang di depan. Pada hari itu, Wilbur dan Orville Wright melakukan empat penerbangan singkat di Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat, dengan pesawat bertenaga pertama mereka. Wright bersaudara menemukan pesawat terbang pertama yang sukses di tengah kerja keras dan kerja cerdas mereka.

Konsep inovasi

Untuk merancang pesawat bertenaga pertama mereka—yang mereka sebut Flyer, Wright kembali ke data terowongan angin dan persamaan angkat dan tarik. Guna menopang bobot mesin, baling-baling, dan penambahan perkuatan struktural, mereka harus menambah luas sayap hingga lebih dari 500 kaki persegi.

Wright bersaudara membiarkan 200 pon untuk sistem propulsi, tulis airandspace.si.edu. Mereka memperkirakan pesawat dengan pilot akan berbobot 625 pon. Berdasarkan perkiraan ini, mereka menghitung daya, daya dorong, dan persyaratan kecepatan.

Akhirnya, mereka menyimpulkan membutuhkan mesin 8-tenaga kuda yang menghasilkan 90 pon daya dorong untuk mencapai kecepatan udara minimum 23 mil/ jam.

Reproduksi sketsa awal Wright bersaudara dari Wright Flyer 1903 digambar dengan pensil di atas kertas pembungkus cokelat. Notasinya ada pada tulisan tangan Wilbur, sementara yang asli ada di Franklin Institute di Philadelphia.

Pesawat yang terbang pertama dalam sejarah ini awalnya dinamai Wright Flyer. Namun, sekarang lebih dikenal dengan nama “Kitty Hawk”. Flyer yang orisinal saat ini ada di Museum Dirgantara di Washington DC, Amerika Serikat.

Wright bersaudara dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif pertama tersebut. *

 

Silakan baca: 

Pesawat N219, Mampu Mendarat di Landasan Tak Beraspal

Nurtanio, Pelopor Industri Penerbangan Indonesia