Wow! Ternyata Ceker Ayam Punya Manfaat Luar Biasa

manfaat ceker ayam
(nextshark).*

 

BandungKlik – Ceker ayam telah lama menjadi bagian dari ragam masakan di dunia khususnya di Asia. Indonesia, Cina, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, dan Filipina hanyalah beberapa negara yang punya cara khusus untuk menyajikannya.

Akan tetapi, tidak semua orang di negara tersebut mengonsumsi dan menyukai hidangan ayam, apalagi cekernya. Lagi pula, seekor ayam hanya punya satu pasang kaki. Jadi, itu tidak mungkin menjadi hidangan sehari-hari.

Ternyata, mengonsumsi ceker ayam punya sejumlah manfaat kesehatan berkat kandungan utamanya: kolagen.

Mengutip dari healthline, ceker ayam sebagian besar terdiri dari jaringan ikat kulit, tulang rawan, tendon, dan tulang. Selain itu, bagian ini masih punya gizi yang cukup dan memberikan banyak vitamin dan mineral.

Porsi dua ceker ayam (70 gram) menyediakan kalori 150, protein 14 gram, lemak 10 gram, dan karbohidrat 0,14 gram. Kandungan lainnya kalsium 5% dari nilai harian (DV), fosfor 5% dari DV, vitamin A 2% dari DV, dan folat (vitamin B9) 15% dari DV.

Sekira 70% dari total kandungan proteinnya adalah kolagen, protein struktural yang memberikan bentuk, kekuatan, dan ketahanan pada kulit, tendon, otot tulang, dan ligamen.

(nextshark).*

Lantas, adakah manfaatnya bagi kesehatan?

Potensi manfaat kesehatan ceker ayam sebagian besar terkait dengan kandungan kolagennya yang tinggi.

Meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit

Ceker ayam bukan sakadar sumber kolagen yang baik, tetapi juga kaya akan asam hialuronat dan kondroitin sulfat. Asam hialuronat punya peran penting dalam mempertahankan kelembapan kulit yang akhirnya membantu mencegah penuaan kulit.

Mengurangi nyeri sendi

Di sisi lain,  kondroitin sulfat adalah kabrohidrat kompleks yang membantu tulang rawan menahan air. Dengan begitu, perannya dapat membantu dalam pengobatan masalah nyeri sendi.

Mencegah keropos tulang

Asupan kolagen dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang khususnya pada wanita pascamenopause.

Kolagen adalah komponen vital dari arteri dan vena, di samping elastin. Manfaat lainnya adalah membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung. *

 

Silakan baca: Delapan Manfaat Mengonsumsi Daging Domba